Selalu Menawan, Inilah Fakta Menarik Batik Modern dari Sutra
Selalu Menawan, Inilah Fakta Menarik Batik Modern dari Sutra

Selalu Menawan, Inilah Fakta Menarik Batik Modern dari Sutra

Diposting pada

Perkembangan batik sebagai warisan budaya leluhur menunjukkan kemajuan yang membanggakan. Tidak hanya desain yang berkembang menjadi lebih modern, bahan yang digunakan pun semakin bervariasi. Salah satunya batik modern dari sutra.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan batik modern memang lebih bervariasi dibandingkan pada batik tradisional. Selain itu, motif dan warnanya pun lebih tampak dinamis. Hal ini merupakan salah satu cara batik mengikuti perkembangan zaman.

Batik Modern Sutra

Salah satu bahan kain pembuat batik modern adalah sutra. Penggunaannya dapat menghasilkan produk yang terkesan mewah juga menawan. Kainnya yang halus dan nyaman saat dikenakan, membuat batik sutra diminati banyak orang.

Kain sutra memang tergolong mahal. Akan tetapi, saat digunakan sebagai media batik, hasilnya sungguh tidak mengecewakan. Berikut ini adalah fakta menarik batik modern dari sutra.

1. Dibuat dari Kepompong Ulat Sutra

Sebagaimana kita ketahui, kain sutra dibuat dari pintalan kepompong ulat sutra. Tekstur kainnya lembut dan dapat menyesuaikan pada kondisi cuaca. Hal ini membuat kain sutra tetap nyaman dikenakan pada kondisi cuaca panas ataupun dingin.

Lapisan fibroin, yaitu sejenis protein pada ulat sutra membuat kain yang dihasilkan memiliki kilap alami yang menawan. Ini merupakan salah satu keunggulan kain sutra. Proses pembuatan dan bahan yang digunakan membuat kain sutra memiliki nilai ekonomi tinggi.

Pengaplikasian motif batik pada kain sutra juga menambah nilainya. Hal ini disebabkan karena motif batik memiliki nilai seni yang tinggi. Ditambah lagi, umumnya menambahkan motif batik pada kain sutra masih menggunakan cara manual.

2. Motif Unik dan Khas

Motif batik modern dari sutra biasanya cenderung eksklusif. Penyebabnya adalah proses pembuatannya yang masih manual dengan mengandalkan ketrampilan pembatiknya. Oleh sebab itu, biasanya motif batik berbahan kain sutra memiliki ciri khas unik dari sang pembatik.

3. Awet dan Tahan Lama

Kain batik sutra modern lebih awet dan dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa berkurang kualitasnya. Hal ini disebabkan oleh bahan pembuatnya yang memiliki kualitas tinggi. Itulah sebabnya, batik kain sutra dapat diwariskan secara turun temurun.

4. Aman untuk Kulit Sensitif

Pada proses pembuatan kain sutra, penggunaan zat kimia sangat minim. Inilah yang menyebabkan batik modern dari sutra lebih aman dikenakan siapa saja, termasuk orang yang memiliki kulit sensitif.

5. Cocok Digunakan Sebagai Bahan Pembuat Baju Pesta

Karena tampilannya yang memberi kesan mewah dan menawan, kain batik sutra lebih sering digunakan sebagai bahan pembuat baju pesta. Biasanya bahan ini diolah menjadi gaun yang mewah dan elegan.

Gaya desainnya pun bisa disesuaikan, baik modern, maupun klasik. Misalnya, dress pesta sutra polos yang dipadu dengan selendang batik dari bahan sutra. Tentunya akan menambah kesan mewah pada penampilan secara keseluruhan.

Cara Merawat Batik Modern dari Sutra

Karena harganya cukup mahal, perawatan batik berbahan suutra juga perlu perhatian khusus. Hal ini bertujuan agar warna motif batiknya tidak pudar dan kain sutranya tetap terjaga. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam merawat kain batik yang menggunakan bahan sutra.

1. Mencuci dengan Tangan Menggunakan Deterjen Lembut

Mencuci baju batik sutra modern tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan. Sebaiknya dicuci dengan tangan, agar serat kainnya tidak rusak. Saat mengucek pun sebaiknya dilakukan dengan lembut, sehingga serat kain tidak menjadi kusut.

Penggunaan deterjennya juga khusus. Hal ini disebabkan karena deterjen biasa memiliki formula yang tergolong cukup keras bagi jenis kain ini. Deterjen dengan formula yang lembut dapat menjaga kualitas serat kain dan mempertahankan warna batiknya.

Cara yang lebih tepat adalah mencuci baju batik sutra dengan menggunakan lerak. Ini adalah pembersih alami yang sering digunakan untuk mencuci kain batik supaya warnanya tidak cepat pudar. Setelah dicuci, jangan memeras baju batik sutra terlalu kuat agar teksturnya tidak rusak.

2. Menghindari Melipat Baju Batik Sutra

Saat penyimpanan, hindari melipat baju batik modern dari sutra. Cara yang disarankan adalah menggantungnya pada gantungan yang terbuat dari kayu, atau gantungan logam yang dilapisi kain. Hal ini bertujuan untuk menghindari jejak lipatan yang akan membekas pada kain sutra.

Ada baiknya melapisi baju batik sutra yang digantung dengan menggunakan plastik. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan debu yang dapat menempel padanya. Selain itu, pastikan lemari penyimpanan bebas ngengat agar baju sutra tidak rusak.

Namun, penggunaan kamper pada lemari pakaian juga harus diwaspadai. Jika terkena langsung pada permukaan baju batik modern dari sutra, akan membuat kain menjadi rusak dan bergelombang. Jadi, ada baiknya menjauhkan kain sutra dari produk kamper.

3. Hindari Kondisi Setrika Terlalu Panas

Menyetrika baju batik sutra dengan suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan tekstur kain menjadi berkerut. Sebagaimana kita ketahui, kain sutra sangat sensitif terhadap suhu panas setrika. Oleh sebab itu, saat proses penyetrikaan harus dilakukan dengan hati-hati.

Sebelumnya, atur suhu setrika agar tidak terlalu panas. Lapisi baju batik sutra dengan menggunakan kertas sawi atau kain lembut. Tujuan melapisi ini adalah agar panas setrika tidak langsung diterima kain sutra, sehingga lebih aman.

Selain itu, hindari penggunaan pelicin dan pewangi pakaian secara langsung pada batik kain sutra. Sebab, zat yang terkandung di dalamnya dapat mengakibatkan warna pada motif batik lebih cepat pudar. Sebaiknya semprot pelicin pakaian di atas kain atau kertas pelapisnya.

Walaupun memerlukan perhatian ekstra saat merawatnya, kain sutra memang memiliki keunggulan dan keistimewaan bagi pemakainya. Selain memberikan rasa percaya diri saat memakainya, kain sutra ditengarai memiliki perlindungan terhadap sinar ultra violet.

Itulah tadi fakta menarik baju batik modern dari sutra dan cara menjaganya agat tetap terawat. Dengan selalu berhati-hati dalam merawatnya, tak menutup kemungkinan batik kain sutra ini akan awet hingga bertahun-tahun ke depan.