Apa itu Teknologi – Penjelasan dan definisinya

Apa itu teknologi

Teknologi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan teknik yang dengannya manusia mengubah-ubah dan menggunakan lingkungan untuk menciptakan alat, mesin, produk, dan layanan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan kita.

Secara etimologis kata teknologi berasal dari tekne Yunani (teknis, seni, keterampilan) dan logo (pengetahuan)

Teknologi sudah dimulai sejak Zaman Batu, ketika nenek moyang kita menemukan keberadaan sederetan batu (silex, kuarsa, obsidian ….) di alam sangat keras yang dapat membentuk dan mempertajamnya, penemuan dengan pengalaman ini berkembang. untuk mengasah memungkinkan mereka membuat pisau pertama, kapak dan alat pemotong yang memudahkan pekerjaan berburu, guna menjamin kebutuhan makanan sehari-hari.

Dalam contoh sebelumnya kita telah melihat manusia mengubah lingkungannya dengan memilih batu dan memodifikasinya untuk membuat alat dengan keterampilan dan pengetahuannya, memungkinkan berburu hewan dengan lebih cepat dan efektif.

Semua benda di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari adalah produk dari berbagai kemajuan teknologi yang telah berkembang selama berabad-abad keberadaan kita, kita telah mengubah sumber daya alam menjadi alat dan mesin yang membuat hidup kita lebih mudah, memuaskan rasa ingin tahu kita dan keinginan untuk berprestasi.

Komputer, tablet dan smartphone, lokomotif, mobil dan pesawat terbang, bohlam dan microchip, manusia pertama di Bulan dan menaklukkan ruang angkasa adalah tonggak sejarah teknologi terbaru manusia.

Klasifikasi teknologi

Teknologi tidak hanya menyediakan benda atau barang material seperti pisau, komputer atau pesawat luar angkasa, juga mencakup semua metodologi dan barang tidak berwujud yang memenuhi kebutuhan dan keinginan kita, sehingga kita dapat mengklasifikasikan teknologi menjadi 2 kelompok:

  • Teknologi perngkat keras – adalah teknologi yang memberi kita barang yang berwujud.
  • Teknologi perangkat lunak – adalah teknologi yang memberi kita benda tak berwujud.

Metode organisasi seperti lean manufacturing, pengembangan dan penjualan strategi bisnis, sistem akuntansi keuangan, pembuatan dan pengembangan perangkat lunak, pembinaan… Adalah contoh teknologi lunak.

Biasanya teknologi lunak terkait dengan ekonomi, manajemen dan administrasi, sosiologi …

Sedangkan teknologi perangkat keras terkait dengan bidang fisika dan kimia.

Ada cara lain untuk mengklasifikasikan dan mengidentifikasi teknologi yang ada, klasifikasi sebagai:

Teknologi Fleksibel

Ini mencakup seperangkat teknologi yang dapat digunakan di banyak area aplikasi, microchip digunakan di banyak produk seperti televisi, telepon, komputer, mesin … dan dalam berbagai aplikasi seperti kedokteran, penelitian ruang angkasa …

Teknologi Tetap

Ini mencakup seluruh teknologi yang hanya dapat digunakan untuk suatu produk atau area tertentu, seperti fungisida adalah produk yang hanya digunakan untuk menghilangkan bakteri, jamur, virus dan jamur.

Pengaruh teknologi

Tidak diragukan lagi bahwa kemajuan teknologi telah secara radikal mengubah cara berpikir, keberadaan dan kehidupan kita serta lingkungan sekitarnya.

Manusia telah menggali area yang luas untuk mencari dan mengekstraksi logam dan mineral yang memungkinkannya untuk membuat mesin dan peralatan.

Manusia juga telah menebang banyak ekstensi pohon untuk mendapatkan kayu, mensintesis senyawa kimia di laboratorium yang telah berinteraksi dan mengubah lingkungan, menggunakan produk pembakaran yang mengeluarkan CO2 di atmosfer kita.

Aktivitas sehari-hari kita menghasilkan banyak limbah …

Masalah seperti penggundulan hutan, perubahan iklim, hujan asam dan radioaktif dan lubang di lapisan ozon yang mengelilingi planet Bumi kita berasal dari berbagai teknologi yang dikembangkan dan digunakan oleh manusia.

Teknologi telah mengubah konsep perang dan medan perang yang memungkinkan kita membuat mesin dan senjata yang semakin mematikan seperti bom. Hanya antara Perang Dunia I dan II meninggal lebih dari tiga orang dari semua perang yang terjadi selama 2.000 tahun sebelumnya.

Oleh karena itu manusia sedang mengembangkan teknologi yang lebih bersih dan menghormati lingkungan kita dan diri kita sendiri.

Tapi semua tidak buruk tetapi sebaliknya, berkat teknologi harapan dan kualitas hidup kita meningkat pesat berkat kemajuan teknis dan ilmiah kita dapat mendeteksi dan menyembuhkan penyakit yang sebelumnya berakibat fatal, telah menciptakan masyarakat di mana setiap orang memiliki akses ke pengetahuan melalui internet, berkat teknologi yang kita hasilkan, simpan, dan distribusikan semua jenis makanan, pakaian, dan produk yang meningkatkan taraf dan kualitas hidup kita.

Teknologi telah menciptakan mesin yang melakukan pekerjaan yang sulit dan berbahaya dan membutuhkan upaya yang besar bagi manusia. Berkat teknologi kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja di dunia, telah menaklukkan bulan dan segera ke luar angkasa.