5 Jenis Konveksi Baju Paling Menjanjikan, Tiap Bulan Untung Puluhan Juta

Diposting pada

Jenis konveksi baju adalah usaha yang terus mengalami perkembangan karena baju telah menjadi kebutuhan pokok manusia. Konfeksi baju adalah sebuah usaha memproduksi baju yang dibuat secara masal.

Pada dasarnya seseorang bisa menjadi pengusaha konveksi dan membuka usaha berskala rumahan. Jika dijalankan dengan baik, usaha rumahan ini bisa berkembang dan menjanjikan untung yang sangat besar. Lalu, bisnis konfeksi baju apa yang paling diminati oleh pasar?

6 Jenis Konveksi Baju yang Paling Diminati

Banyak ragam konfeksi yang beredar di pasaran seperti konfeksi kaus, baju, jilbab, dan baju anak. Apabila ingin menekuni usaha ini, pilihlah konfeksi yang menjanjikan keuntungan besar. Berikut jenis konveksi baju yang paling diminati dan bisa memberikan untung besar:

  1. Konfeksi Kerudung

Mengenakan penutup kepala seperti kerudung adalah bukti ketaatan Muslimah kepada Allah. Kesadaran untuk menggunakan kerudung untuk menutup aurat inilah yang menjadikan permintaan pasar akan kerudung terus meninggi.  

Bila berminat membuka usaha kerudung sebagai jenis konveksi baju yang laris, maka Anda harus memproduksi model kerudung yang sedang tren dan populer di masa kini. Tren akan berubah dari waktu ke waktu dan Anda harus selalu mengikuti perubahannya.

Berikan ciri khas pada kerudung yang Anda produksi supaya konsumen gampangmembedakannya dengan label yang lain. Saat memproduksi kerudung, buatlah dengan berbagai bahan dan model yang sesuai dengan fungsinya.

Kerudung untuk kebutuhan pesta misalnya, tentu menggunakan bahan yang berbeda dengan kerudung yang digunakan untuk berolahraga. Penggunaan aksesoris juga harus tepat. Tidak mungkin Anda membuat kerudung olahraga dari bahan satin yang penuh dengan renda, kan?

  • Konfeksi Baju Muslim Wanita

Mengenakan pakaian muslim bukan menjadi hal yang aneh lagi, tapi sudah menjadi kebutuhan para wanita Muslimah. Mengingat besarnya jumlah penduduk muslim di Indonesia, tentu jenis konveksi baju muslim menjadi bisnis yang sangat menggiurkan.

  • Konfeksi Baju Dewasa

Salah satu usaha konfeksiyang berpeluang untuk meraup untung jutaan rupiah adalah konfeksi baju dewasa. Pangsa pasar usaha ini sangatlah luas karena pakaian kini tidak hanya berfungsi  sebagai pelindung tubuh, namun juga berfungsi sebagai penambah estetika.

Meskipun persaingan usaha konveksi baju wanita sangat tinggi namun Anda masih berpeluang meraup untung besar di bidang ini. Buatlah desain baju yang unik, spesifik, dan khas sehingga memberi ciri khusus yang sulit ditiru oleh pengusaha lain.

Susunlah strategi pemasaran yang jitu untuk mengenalkan produk konfeksi kepada masyarakat. Anda bisa membuka lowongan sebagai distributor, agen, reseller, maupun dropshipper. Beri kemudahan dalam pengiriman seperti COD.

  • Konfeksi Baju Anak

Usaha konfeksi baju anak bisa dibilang sebagai jenis usaha yang paling menguntungkan. Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tampil modis dan rupawan. Mereka rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli baju anak yang modis dan sedang tren.

Kecenderungan ini sangat menguntungkan pengusaha konfeksi baju anak. Anda dapat merancang aneka model celana, kemeja, baju pesta, baju santai hingga baju muslim untuk anak. Bahkan Anda dapat mengeruk keuntungan dari hanya membuat kerudung anak.

Model baju anak tentu berbeda dengan baju dewasa. Buatlah baju anak yang memberi kesan rapi, modis, dan ceria. Baju dengan warna mencolok dan akseoris yang variatif dan lucu selalu menjadi pilihan para orangtua saat membelikan baju bagi buah hatinya.

  • Konfeksi Baju Kaus

Anda dapat membuka usaha konfeksi kaus dengan memproduksinya dalam jumlah banyak, ataupun berdasarkan permintaan. Memproduksi kaus secara massal berpeluang untuk menghadapi banyak persaingan dari perusahaan konfeksi lain.

Lain halnya bila Anda membuat kaus sesuai permintaan. Artinya usaha Anda melayani pesanan kaus secara custom dengan desain yang spesifik sesuai keinginan pelanggan.

Kaus yang dibuat secara custom akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan kaus yang diproduksi secara massal. Ada baiknya Anda bergerak di bidang jasa konfeksi kaus custom untuk menaikkan branding dan membedakan usaha Anda dengan perusahaan lain.

Gunakan bahan yang berkualitas dalam konfeksi kaus Anda. Tingkat kenyamanan bahan sangat bepengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kaus yang nyaman membuat mereka tidak ragu untuk membeli kembali produksi konfeksi milik Anda.

Tentukan target market yang tepat. Anda bisa memilih membuat jasa konfeksi kaus untuk pria, wanita, maupun anak-anak. Meskipun begitu Anda bisa juga membuat konfeksi kaus bagi semua kalangan usia dengan memperhatikan karakteristik tertentu.

Selain 5 jenis konveksi baju di atas, masih ada konfeksi lain yang menjanjikan bila dilakukan dengan serius. Namun semua itu tidak terlepas dari adanya kecakapan dalam hal managemen di bidang konveksi itu sendiri.

Managemen Dasar Usaha Konveksi

Sebelum memulai dan saat menjalankan bisnis konfeksi baju muslim, ada hal yang harus diperhatikan agar usaha bisa berjalan dan berkembang. Simak penjelasan berikut untuk mendapatkan tips manajemen usaha konveksi.

1. Menentukan Target Pasar

Anda harus menentukan kelompok pasar mana yang akan dijadikan target pasar. Penentuan target pasar akan memberikan keuntungan dalam bisnis yaitu memudahkan perencanaan produk dan sistem pemasaran.

Pahami rincian detail mengenai target pasar jenis konveksi baju muslim yang hendak dijalani. Hal ini meliputi usia, karakteristik, kebiasaan, minat, hingga besar penghasilan. Identifikasi juga jumlah pesaing yang ada.

Perincian ini sangat diperlukan untuk membantu menentukan model, menetapkan harga, dan jenis promosi yang efektif. Identifikasi pesaing penting untuk menentukan material yang kompetitif dan memiliki daya saing sehat antar sesama produsen.

2. Pilih Strategi Promosi yang Tepat

Memilih strategi penjualan yang tepat dalam jenis konveksi baju muslim dapat memaksimalkan hasil penjualan. Strategi pemasangan iklan, promosi, hingga iming-iming bonus harus disesuaikan dengan hasil survei target pasar yang telah dilakukan.

3. Menjaring Tenaga Pemasaran

Tenaga pemasaran adalah ujung tombak sebuah bisnis. Anda harus memiliki tenaga pemasaran yang loyal agar bisnis konfeksi berjalan lancar, memiliki angka penjualan yang tinggi, dan berkembang.

Mendapatkan tenaga pemasaran yang loyal adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Buatlah beberapa program sebagai bentuk penghargaan yang dapat memicu semangat mereka untuk meningkatkan penjualan jenis konveksi baju muslim yang Anda jalankan.

Anda dapat memberikan program bonus berupa potongan harga yang tinggi. Pemberian hadiah berupa barang maupun uang tunai di akhir tahun bisa menjadi salah satu contoh reward bagi para tenaga pemasaran.

Tentukan juga level berjenjang dengan diskon yang berbeda untuk memacu penjualan. Semakin tinggi level, maka semakin besar potongan harga yang mereka dapatkan. Level ditetapkan berdasarkan akumulasi penjualan jenis konveksi baju selama periode tertentu.

Bangunlah komunikasi yang intens dan hangat dengan para penjual. Lakukan sharing untuk mengetahui kendala yang dialami selama melakukan penjualan. Cara ini juga sangat efektif untuk mengetahui isu yang sedang tren di pasar.

5. Stok yang Selalu Tersedia

Sebagai pemilik, Anda harus memastikan ketersediaan stok, terutama untuk model yang sangat digemari pasar. Jangan sampai proses penjualan terhenti akibat tidak ada stok. 

Susun jadwal yang akurat dengan bagian produksi untuk memastikan proses produksi berjalan tepat waktu. Penyuplai bahan juga harus mematuhi jadwal pengiriman yang telah disepakati untuk menjamin kelangsungan proses produksi.

Demikianlah ulasan mengenai jenis konveksi baju paling menjanjikan beserta maangemen dasarnya. Bila Anda lakukan dengan serius dapat meraih untung hingga puluhan juta tiap bulannya. Semoga artikel ini bermanfaat.