Cover Jok Mobil Paling Banyak Digunakan Masyarakat

Diposting pada

Desain interior sebuah mobil biasanya dibuat sesuai dengan keinginan pemiliknya. Namun, tidak jarang beberapa orang memilih desain asli tetapi mengganti cover jok mobil. Sehingga tampilan lebih cantik dan terlihat lebih elegan.

Pemasangan cover jok mobil biasanya digunakan agar tidak mengotori dan menjaga keawetan jok mobil. Biasanya banyak ditemukan pada mobil keluarga yang memiliki anak masih kecil dan banyak.

Kini di pasaran banyak beredar jenis cover jok untuk mobil dengan berbagai desain menarik dan bahan berkualitas. Ada juga yang menyediakan cover jok custom yakni didesain sesuai seleranya.

Cover Jok Paling Banyak Digunakan

Pemilik mobil di Indonesia memiliki kebiasaan mengganti cover jok sesuai dengan desain interiornya. Berikut ini yang populer alias paling banyak digunakan.

1. Auto Set Cover

Auto set cover adalah jenis cover yang mudah dilepas pasang kapan saja. Pada bagian pojoknya ditemukan karet perekat untuk menghubungkan ke seat mobil. Kelebihan dari auto set cover dapat dicuci sendiri karena pasang lepas tidak perlu ke salon mobil.

Auto set cover dibanderol dengan harga variatif sesuai dengan bahan yang digunakan. Terlebih lagi motif  dari auto set cover bermacam-macam. Mulai dari motif klasik, karakter, musim, dan ramai.

Adapun kekurangannya yakni tampilan kurang rapi karenan perekat karet pinggiran tidak pas menempel pada jok mobil. Sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai kepraktisan dibandingkan kerapian.

2. Cover Jok Mobil Paten

Nah, ada juga yang covernya authentic alias paten. Cover satu ini sulit dilepas pasang karena mengikuti penggantian total dari jok bawaan mobil. Proses penggantiannya juga mendetail dan sangat teliti agar hasil memuaskan. 

Hanya para profesional otomotif yang melakukannya, dibantu dengan berbagai peralatan pula. Cover jok paten ini memiliki kelebihan di segi estetikanya yaitu kuat dan lebih rapi. Bahkan, banyak yang mengira cover jok seperti ini asli.

Biasanya cover jok paten dibuat dengan bahan dasar berkualitas tinggi dan tebal. Sehingga ketika diduduki akan terasa nyaman dan tidak ada ganjalan. Adapun kekurangan jok paten terletak dari cara pemasangannya karena tidak dapat dilakukan sendirian dan sembarangan orang.

Umumnya harga jok ini lebih mahal dibandingkan jenis cover jok lainnya. Oleh sebab itu, Anda pastikan dahulu motif dan model jok paten yang membuat nyaman dan tidak mudah bosan.

3. Cover Jok Mobil Semi Paten

Pilihan lainnya yakni cover jok semi paten. Cover jenis ini menjadi pilihan karena dapat dilepas pasang dan sesuai dengan lekuk permukaan jok mobil. Hal inilah yang membuat orang-orang lebih memilih menggunakan cover jok semi paten.

Meskipun mudah diganti atau bongkar pasang, tetapi yang melakukannya hanya para profesional. Sebab ada trik khusus agar bentuknya terlihat rapi, rata, dan tidak ada ganjalan. Disamping itu, penggunaan jok semi paten untuk mobil tidak harus dengan melepaskan jok bawaan dahulu. Langsung saja dipasang ditimpa pada bagian atas dari cover yang asli.

Adapun kekurangan dari jok jenis ini yakni belum banyak beredar. Dilihat dari motif yang disediakan juga monoton atau tidak banyak. Harga cover jok semi paten juga terbilang mahal, tetapi sesuai dengan kualitas yang disajikan.

4. Cover Jok Mobil Karakter

Cover untuk jok mobil yang sering digunakan yakni memiliki karakter. Ada yang dibuat dengan struktur paten maupun semi paten. Contohnya karakter hello kitty, disney, princess, doraemon, spongebob, micky mouse, winnie the pooh, naruto dan karakter kartun lainnya.

Biasanya cara mendapatkan cover karakter di toko aksesoris otomotif dengan memesannya terlebih dahulu. Pasalnya, permintaan pasar terhadap jok karakter tersebut belum begitu banyak.

Di beberapa toko penyedia sarung jok mobil, bahkan menyediakan jasa pemesanan cover. Jadi Anda bisa memesan cover jok dengan desain tokoh kartun yang Anda atau anak Anda sukai.

Motif yang unik ini akan membuat anak betah berlama-lama didalam mobil selama perjalanan. Disamping itu, ada juga jok dengan motif custom. Jadi, dapat dipilih apakah dengan kartun-kartun favorit yang desainnya sesuai keinginan atau foto sendiri.

Kelebihan dari jok ini beda dari jok lainnya karena sesuai selera. Sangat diminati oleh pemilik mobil perempuan ataupun yang telah memiliki anak. Harga yang ditawarkan juga bervariasi sesuai dengan bahan yang digunakan jok mobil berkarakter.

Macam-macam Bahan Cover Jok Mobil

Berikut ini berbagai macam bahan jok mobil yang beredar dipasaran. Anda wajib tahu agar tidak menyesal karena tertipu.

  1. Nylon, bahannya seperti kain yang dikenal dengan jenis fabric. Perawatannya susah dan rentan kotor debu dan cairan yang menempel.
  2. Polyester, paling banyak dicari karena berbahan kulit sintetis dan penggunaan awet. Perawatannya juga sangat mudah dan harga jualnya terjangkau.
  3. Vinil, merupakan jenis bahan cover jok yang mudah dibersihkan. Noda atau kotoran menempel mudah hilang dengan cara di lap menggunakan air dan pembersih.
  4. Kulit imitasi atau sintetis menyajikan harga bersahabat dan mudah dirawat. Bahannya anti air dan teksturnya kuat. Contoh cover jok dari kulit sintetis paling populer yakni Mbtech, edelweiss, dan lederlux.
  5. Kulit asli banyak dipilih bagi penyuka nuansa klasik dan elegan. Tampilannya sangat mengesankan, cantik, tidak gampang pudar, dan tidak lusuh. Hanya saja harga untuk satu set cover jok kulit mobil asli sangat mahal.
  6. Kain banyak dipilih karena desainnya lucu dan gampang lepas pasang tanpa perlu pergi ke salon mobil. Beberapa bahan kain juga membubuhkan bulu-bulu halus sehingga nyaman digunakan.

Harga Cover Jok Mobil Murah

Banyak orang mengeluhkan tempat aksesoris mobil yang menjual cover jok dengan harga murah. Kini Anda dapat memperoleh harga sarung jok mobil murah di website resmi Jok Mobil Murah (https://www.jokmobilmurah.com). Ada berbagai jenis jok dan bahan berkualitas yang layak dipilih. Pemesanan dijamin aman dan barang yang sampai ke tangan Anda sesuai foto.