Tips Memilih Jasa Pindah Rumah
Tips Memilih Jasa Pindah Rumah

Tips Memilih Jasa Pindah Rumah

Diposting pada

Ingin pindah rumah tetapi bingung bagaimana memindahkan furnitur dan peralatan rumah tangga? Kini ada solusi terbaik dengan menyewa jasa pindah rumah yang profesional dan terpercaya. Apabila Anda sendirian atau anggota keluarga yang membantu sedikit dapat memesan layanan angkut sampai ke dalam rumah baru.

Bukan rahasia lagi menggunakan jasa pindahan rumah membutuhkan biaya. Meskipun jasa tersebut belum tentu berpengalaman atau profesional. Tentunya Anda tidak ingin barang-barang pindahan rusak atau tercecer. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya sejak awal memilih jasa yang benar-benar profesional melalui berbagai tips berikut.

Tips Mencari Jasa Pindah Rumah Terpercaya

Kardus merupakan perlengkapan paling banyak dibutuhkan saat pindahan. Biasanya dipilih kardus yang memuat volume besar agar mengemas barang pindahan lebih efektif. Adapun angkutan yang sering digunakan adalah mobil bak terbukan dan truk. Anda dapat memilih kendaraan tersebut sesuai kebutuhan.

1. Mencari Referensi Jasa Pindahan Rumah Melalui Orang Terdekat

Hal pertama ketika siap berpindah rumah adalah mencari referensi jasa pindahan dari orang terdekat. Baik itu menanyakan teman ataupun anggota keluarga yang telah menggunakan jasa pindah rumah.

Mereka lebih leluasa menceritakan pengalaman pindahan menggunakan jasa tersebut. Sehingga Anda pun tidak tertipu, jangan lupa gali informasi lengkap tentang kelebihan dan kekurangan jasa pindahan.

Ingat bahwa masing-masing pelayanan pindahan rumah melakukan servis yang tidak sama. Disarankan meminta referensi jasa pindahan rumah kepada lebih dari satu orang.

2. Mencari Rekomendasi dari Agen Rumah

Apabila Anda masih kurang puas dengan referensi dari orang terdekat segera kunjungi agen profesional. Misalnya, pergi ke kantor agen profesional yang menyediakan jasa pindahan. Dari sana Anda dapat meminta informasi terkait cara pemesanan, harga, layanan, garansi, dan angkutan yang digunakan. Agen rumah biasanya memiliki jaringan perusahaan layanan pindahan rumah.

3. Membandingkan Harga Jasa Pindahan Rumah

Membandingkan harga merupakan hal wajib untuk memperoleh jasa pindahan rumah. Jadi, jangan puas setelah mendapatkan informasi harga layanan dari satu perusahaan. Tidak ada salahnya mencari tahu harga dan fasilitas dari perusahaan lainnya untuk dibandingkan.

Memilih harga tidak perlu yang paling murah karena belum tentu aman dan telaten. Anda juga perlu melihat pengalaman perusahaan tersebut dan tenaga kerja yang membantu Anda pindahan. Tanyakan juga apa saja yang Anda peroleh setelah memesan sebuah layanan dengan harga tersebut.

4. Mengecek Latar Belakang Perusahaan

Pengecekan latar belakang suatu usaha merupakan hal penting. Jadi, Anda tidak hanya mengetahui harga dan layanan yang diperoleh. Latar belakang perusahaan juga meliputi track record dalam menangani pelanggan sebelumnya.

Layanan pindahan rumah yang terpercaya biasanya dilengkapi dengan legalitas perusahaan. Selain itu, layanan resmi ini juga memiliki sosial media dan situs resmi. Dari sinilah Anda dapat mencari tahu lebih jelas testimoni dari pelanggan.

Ada testimoni negatif dan positif yang dapat Anda jadikan patokan untuk memesan jasa pindah rumah. Perhatikan pula apakah pada website tersebut terdapat email dan alamat kantornya.

5. Menghubungi Penyedia Jasa Pindah Rumah

Selanjutnya, langsung saja menghubungi penyedia jasa pindahan rumah melalui whatsapp atau telepon. Namun, agar informasi dan pemesanan layanan lebih jelas ada baiknya mengunjungi kantornya.

Beritahukan kepada petugas kebutuhan pindahan rumah Anda. Seperti jarak tempuh dari rumah lama ke rumah baru dan tarif angkutannya. Pastikan menghubungi layanan pindahan rumah yang tepat dimana mereka sendiri yang menangani proses pindahan.

Hindari memilih jasa pindahan rumah jika perusahaan tersebut hanya mengoper tugasnya kepada orang lain. Sebab, sangat beresiko terhadap keamanan barang di rumah Anda dan diri Anda sendiri. Disamping itu, perusahaan yang mengoper layanan kepada orang lain biasanya mematok harga jauh lebih mahal.

6. Cobalah Menawar Harga

Banyak perusahaan penyedia jasa pindah rumah dengan tarif fleksibel alias dapat ditawar. Anda tidap perlu ragu menawarkan harga lebih murah asalkan harganya tidak jatuh. Umumnya, harga yang ditawar hanya berlaku pada pemesanan paket.

Dimana harga tidak hanya jasa angkutan saja, tetapi meliputi kardus, jasa tenaga kerja, dan terpal. Apabila Anda menginginkan harga hemat, tanyakan estimasi biaya dengan layanan terpisah.

7. Menemani Tenaga Kerja Ketika Survey Rumah

Sebelum proses mengangkut barang atau pindahan, penyedia jasa pindah rumah akan melakukan survey barang. Umumnya 3-5 hari sebelum pemindahan.

Pada saat mereka melakukan survey tidak ada salahnya menemani, hitung-hitung briefing ringan. Anda juga dapat memberitahukan barang apa saja yang akan diangkut ke dalam truk atau mobil bak terbuka.

8. Packing Furnitur 2 Hari Sebelum Pindah

Setelah memesan jasa pindahan, jangan lupa packing furnitur Anda 2 hari sebelumnya. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir barang yang tertinggal. Selain itu, Anda memiliki banyak waktu untuk packing furnitur agar aman dari goncangan selama perjalanan. Jadi, ketika hari H pindahan tiba, Anda tidak akan kerepotan mengemas barang lagi.

9. Membuat Daftar Barang Pindahan

Terakhir buatkan daftar barang-barang yang akan di angkut dalam mobil pribadi dan truk. Pisahkan daftar barang tersebut agar Anda mudah mengecek kembali. Hal ini dilakukan untuk menghindari barang tertinggal, hilang, dan rusak karena diangkut dengan transportasi yang tidak seharusnya.