Memilih Les Privat di Jakarta Saat Pandemi?

Memilih Les Privat di Jakarta Saat Pandemi?

Diposting pada

Pandemi covid-19 sudah hampir setahun menjadi wabah di berbagai Negara. Hal ini membuat semua aktivitas dibatasi, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pengajaran menjadi proses pembelajaran jarak jauh. Kemudian muncul berbagai ide untuk melakukan les privat di kawasan Jakarta selama masa PSBB.

Hampir semua proses belajar mengajar dilakukan di rumah untuk mengurangi kontak fisik secara berkerumun. Hal ini juga membuat proses belajar sangat terganggu. Meski sudah tersedia fitur sekolah online dengan berbagai platform, nyatanya proses belajar mengajar ini tidak efektif.

Proses Belajar Mandiri dir Rumah Tidak Efektif

Kegiatan proses belajar mengajar akan terasa sulit jika tidak dilakukan oleh orang yang tidak bekerja di bidangnya. Mengajar memanglah membutuhkan kemampuan professional seperti guru sehingga materi bisa terserap dengan baik.

Selama masa pandemi, kegiatan belajar yang dilakukan di rumah biasanya diawasi oleh orang tua. Banyak orang tua yang harus bekerja sehingga tidak bisa mendampingi anaknya dalam belajar. Selain itu, banyak juga orang tua yang tidak berkompeten dalam mengajar anaknya.

Hal ini membuat transfer ilmu dan materi menjadi tidak efektif. Banyak sekali kasus yang ditemukan dari kegiatan PJJ ini justru menimbulkan masalah baru. Berbagai masalah ini biasanya dipicu oleh orang tua yang tidak kompeten dalam mengajar anaknya.

Akibatnya, orang tua memilih untuk memanggil guru les privat di Jakarta ini. Kegiatan PSBB memanglah membuat akses ke sana ke mari menjadi terbatas. Maka dengan memilih les privat, proses belajar mengajar bisa berjalan karena jumlah orang yang terbatas.

Proses Les Privat di Rumah

Proses pendampingan belajar kini bisa diperoleh selain dari guru ataupun orang tua siswa, misalnya melalui les privat, bimbingan belajar non formal, belajar kelompok, dan lain sebagainya. 

Pelaksanaan les privat ini tentu dilatarbelakangi oleh beberapa aspek. Di antaranya adalah aspek psikologis, kultura atau sosial budaya, dan pedagogis. Latar belakang psikologis dalam proses pendidikan, yaitu siswa sebagai subjek didik merupakan pribadi yang unik dengan segala karakteristiknya. Hal inilah yang menyebabkan perbedaan kemampuan anak dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. 

Kenapa harus bimbingan belajar? Karena melalui bimbingan belajar siswa akan lebih banyak dilatih pengerjaan soal-soal dan didampingi oleh tutor-tutor yang telah memiliki kemampuan lebih dalam. Sehingga harapannya adalah bimbingan belajar mampu mengembangkan setiap individu sesuai dengan kemampuannya. Terlebih ketika pandemi ini.

Pemilihan les privat Jakarta ini menjadi salah satu solusi ketika proses belajar dilakukan di rumah. Guru yang dipilih bahkan bisa memanfaatkan dari guru atau saudara yang memiliki kemampuan untuk mengajar. Sehingga anak akan tetap enjoy selama belajar di rumah.

Baca juga: Selalu Menawan, Inilah Fakta Menarik Batik Modern dari Sutra

Les Privat Online, Solusi Baru

Bagi beberapa anak yang sudah terdaftar dalam kegiatan bimbingan belajar, tidak perlu khawatir dengan prosesnya. Beberapa bimbel menawarkan proses belajar mengajar privat yang bisa dilakukan secara online. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mengurangi interaksi bersama banyak orang. 

Les privat online ini bisa dilakukan secara video call maupun chat personal. Meski telihat biasa saja, tetapi proses ini cukup membantu para siswa untuk mempelajari materi yang belum dipahami.

Dengan adanya les privat online, tentu saja akan memudahkan anak untuk menghubungi tentor mereka. Sehingga, ketika tidak ada tatap muka secara langsung, proses belajar mengajar bisa dilanjutkan secara daring.

Lalu, apa bedanya les privat online dengan sekolah online pada umumnya jika sama-sama menggunakan media internet? Keduanya tentu saja berbeda. Les privat online akan lebih menjamin anak-anak didiknya untuk memahami materi secara satu per satu.

Sistem yang dipakai selama sekolah daring selama ini kebanyakan bersifat satu arah saja. Bahkan ada beberapa guru yang hanya memberikan soal latihan tanpa memberikan penjelasan. Sehingga, dengan adanya les privat online ini membuat anak-anak lebih terbuka untuk bertanya kepada tentor.

Tips Memilih Guru Les Privat selama Pandemi

Memilih guru les privat memanglah gampang-gampang sulit. Orang tua harus cukup selektif dalam memilihnya agar anak juga merasa nyaman ketika belajar. Di masa pandemi ini, pemberlakukan PSBB di Jakarta tenyata memiliki dampak cukup besar dalam jasa les privat lho.

Dampak ini bisa dilihat pada meningkatnya permintaan guru les privat untuk mengajar di rumah. Selain itu, banyak juga orang yang kemudian beralih profesi menjadi guru privat karena kondisi ekonomi yang belum pulih.

Lalu, bagaimana cara memilih guru les privat yang tepat di Jakarta untuk sang anak agar tepat? 

Yang pertama, pastikan guru tersebut mumpuni di bidangnya. Hal ini bisa dilihat ketika mereka mengajar kepada anak dan dilihat seberapa jauh anak mampu menangkap materi. Selain itu, orang tua juga bisa meminta rekomendasi dari teman untuk memilih guru les privat ini. Maka, ketika guru yang dipilih sudah tepat, maka proses belajar akan menyenangkan.