Apakah Kecerdasan Buatan Menjadi Masa Depan SEO?

Sejak 2019, kita sudah melihat Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) semakin banyak digunakan. Di berbagai bidang. Kemampuan machines learning (mesin mempelajari) hal-hal baru terus meningkat. Itu termasuk dalam SEO, khusus “Voice Searching”.

Emarketer merilis laporan yang menyatakan bahwa 21,6% pengguna online di seluruh dunia telah menggunakan perangkat pencarian suara tahun lalu. Dua perangkat pencarian suara paling populer adalah Google Home dan Amazon Alexa. Mereka menggunakan kombinasi AI dan pembelajaran mesin untuk mengingat pencarian sebelumnya yang dilakukan pada perangkat dan kemudian mempersonalisasi pencarian berdasarkan riwayat ini.

Saat 2019 dimulai, teknologi ini akan menjadi lebih maju. Bahkan, Google mungkin akan menggunakan teknologi ini untuk mengingat pencarian sebelumnya yang dilakukan pengguna di mesin pencari.

Ini akan memberi mereka hasil yang sangat personal pada saat mereka mencari.

Apa arti semua ini untuk SEO?

RankBrain adalah algoritma pembelajaran mesin Google. Ini adalah apa yang mereka gunakan untuk memberi peringkat situs web mereka. Dengan kemajuan teknologi AI dan pembelajaran mesin, RankBrain mungkin menjadi lebih pintar dan mulai menunjukkan situs web orang-orang yang terkait erat dengan pencarian mereka sebelumnya. Ini akan memiliki dampak besar pada bagaimana halaman web dioptimalkan di mesin pencari. Konten berkualitas tinggi yang lebih panjang kemungkinan akan sangat penting untuk SEO, sementara hal-hal seperti kata kunci mungkin tidak. AI hanya akan memperhatikan seberapa bermanfaat konten bagi pengguna.

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Sangat mudah untuk memprediksi tren besar berikutnya dalam teknologi tahun ini dan sepertinya “Pencarian Suara” itu. Anda sudah dapat melakukan pencarian suara di Google. Panjang rata-rata hasil pencarian suara adalah 29 kata. Pada halaman hasil pencarian suara, jumlah rata-rata kata yang terdaftar adalah 2.312. Google tidak keberatan memunculkan konten ini selama itu dapat dimengerti untuk pencarian.

Menurut studi penelitian terbaru, orang menggunakan Penelusuran Suara untuk melakukan pencarian saat mereka melakukan banyak tugas. Untuk alasan ini, cobalah bertahan dengan paragraf yang lebih pendek atau cari selagi suara Anda terus dioptimalkan. Ketika halaman hasil muncul, suara membacakan hasil untuk Anda. Anda tidak dapat melewati audio juga. Itu sebabnya lebih baik memilih informasi penting yang membantu pengguna saat mereka membuat permintaan.

Amazon Echo tidak dapat digunakan untuk menjelajahi internet. Ponsel cerdas Anda dapat digunakan untuk melakukan pencarian seluler. Orang-orang menggunakan pencarian suara untuk mencari sedikit informasi atau untuk membuat pertanyaan umum pada smartphone. Tetapi belum ada cara untuk menjelajahi internet dengan suara Anda.

Saat Anda melakukan pencarian suara, itu hanya berguna untuk mendapatkan hasil pencarian tunggal. Anda dapat menemukan jawaban untuk pertanyaan dan latihan jika Anda ingin menggunakan alat ini. Namun, ini membatasi batasan ukuran pencarian suara. Pengiklan dan ahli strategi SEO perlu memahami bagaimana faktor pencarian suara menjadi strategi pencarian utama mereka.

Di masa depan, pencarian suara mungkin merupakan alat yang memberi pengguna kemampuan untuk mencari web. Ketika halaman hasil pencarian muncul, hasil pertama dari pencarian akan dibacakan kepada pengguna. Jika mereka ingin mendengar lebih banyak hasil, mereka dapat memilih agar beberapa hasil dibacakan dengan keras.

Kemajuan semacam ini dalam teknologi pencarian suara sedang terjadi saat ini. Satu-satunya hal adalah perusahaan teknologi besar tidak ingin Anda mengetahuinya. Tapi lihat saja bagaimana pengaktifan suara yang diaktivasi cenderung gila dengan penjualan. Ini akan memberi tahu Anda bagaimana teknologi pencarian suara menarik perhatian masyarakat umum. Akibatnya, perusahaan-perusahaan ini akan memanfaatkan itu dengan memperluas teknologi lebih lanjut.

Cara menyiapkan situs web Anda untuk pencarian suara

Situs web Anda membutuhkan marka skema. Google menggunakan ini untuk mengidentifikasi berbagai elemen halaman web yang terkait dengan permintaan suara yang dibuat. Elemen-elemen ini bisa berupa jam toko, harga, lokasi, acara, dll. Ini akan memberi Anda hasil yang lebih spesifik dan cuplikan fitur.

Sampai sekarang, Google Analytics tidak melacak data mengenai permintaan suara. Sebagai seorang profesional atau pemasar SEO, ini bisa menjadi kemunduran. Tapi tunggu saja, karena ini bisa berubah dalam waktu dekat. Ketika sampai pada titik ketika pencarian suara lebih populer daripada pencarian teks, maka Anda mungkin melihat lebih banyak alat SEO friendly yang tersedia untuk pelacakan data pencarian suara.
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *