Kuliner Khas Sulawesi yang Harus Dicoba

Diposting pada

Saat berjalan jalan ke pulau Sulawesi, anda wajib mencoba beberapa kuliner yang ada disana. Berjalan jalan tidak akan lengkap tanpa mencicipi beberapa kuliner khas Sulawesi. Tentunya ini juga merupakan pengalaman yang baru dan seru bagi teman teman semua. Berwisata kuliner juga merupakan bentuk hiburan yang murah. Semua makanan yang ada di daftar ini pastinya sangat terjangkau dan bisa dicoba dengan rombongan atau teman teman. Beberapa makanan inilah yang merupakan budaya Sulawesi yang asli.

Kuliner Khas Sulawesi: Gogoso

Makanan khas Sulawesi yang satu ini datang dari Sulawesi bagian selatan. Makanan ini terbuat dari nasi ketan dan diisi dengan dagung. Kemudian campuran nasi ketan dan daging tersebut ditutupi dan digulung. Karena ini makanan tradisional, maka gogoso pun digulung dengan daun pisang.

Setelah itu, gogoso akan dibakar di arang yang panas hingga matang. Ini merupakan cara memasak yang khas dan tradisional. Selain itu, wangi dari daun pisang yang dibakar pun sangat memberikan rasa yang enak untuk nasi dan daging tersebut. Makanan ini biasanya dimakan bersama dengan telur asin. Ini dilakukan untuk menambah cita rasa yang lebih sedap lagi.

Kapurung

Kapurung merupakan salah satu makanan yang sering dimakan oleh masyarakat sekitar. Makanan ini terbuat dari sagu dan memiliki kemiripan dengan makanan khas Papua. Dengan menggunakan tepung sagu, kapurung kemudian di masak dengan sayur sayuran dan daging. Meskipun makanan ini terlihat sederhana, ini merupakan makanan yang sangat terkenal di daerah pulau Sulawesi. Semua restoran atau tempat makan pastinya akan menjual versi kapurung mereka sendiri.

Nasu Palekko

Jika teman teman mencari makanan yang gurih dan sedap, nasu palekko bisa menjadi solusinya. Nasu Pelkko adalah hidangan yang dimasak menggunakan daging bebek atau pun daging sapi. Makanan yang satu ini seringnya dimasak dengan menggunakan daging bebek dan diberikan bumbu khas pulau Sulawesi. Rasanya sangat gurih dan lezat untuk dimakan dengan nasi. Jika harus diberikan kemiripan, makanan ini akan sangat mirip dengan rendah.

Coto Makassar

Makanan yang berikut ini pastinya sudah pernah teman teman dengar sebelumnya. Coto Makassar merupakan salah satu wisata kuliner khas Sulawesi. Ini merupakan rekomendasi kami dan sangat wajib untuk dicoba. Pastinya ada banyak tempat yang menjual coto Makassar diluar pulau Sulawesi. Namun cita rasa dari makanan yang satu ini pasti akan sangat beda jika langsung dimakan dari tempat asalnya.

Coto Makassar merupakan makanan yang berkuah. Pastinya teman teman sudah pernah mendengar istilah soto. Ini mirip dengan soto pada umumnya, namun lebih sering menggunakan jeroan atau organ dibandingkan bagian daging lainnya. Ada juga tambahan sayur sayuran dan semua ini direbus dalam air yang sudah kaya rasanya. Air ini adalah kaldu dan juga air yang digunakan dalam mencuci beras. Pasti banyak gizi dan khasiat memakan makanan yang satu ini. Selain bahan baku yang digunakan, rempah rempah juga menjadi favorit dari makanan ini. Semua rempah memberikan aroma spesial yang meningkatkan cita rasa lebih lagi.

Pisang Epe

Hidangan penutup merupakan bagian favorit setelah memakan makanan yang berat. Cemilan yang satu ini akan membuat teman teman tergiur. Pisang epe merupakan makanan khas Sulawesi Selatan. Kalian akan pasti menyukai cemilan yang ini karena pisang ini dibakar. Bahan dasar dari pisang epe pastinya menggunakan pisang kepok. Pisang ini pun kemudian di bakar di atas arang yang panas dan disajikan. Saat disajikan, teman teman bisa memakan pisang epe dengan madu.

Sokko atau Songkolo

Sokko adalah makanan yang biasa dimakan dalam menu sarapan. Ini karena sokko memiliki kemiripan dengan nasi uduk. Di makanan ini, sokko menggunakan beras ketan hitam sehingga memiliki tekstur yang beda dari nasi biasanya. Makanan di Sulawesi pasti akan menggunakan bahan baku yang berbeda beda. Dari sagu, nasi putih, ketan, pulut, dan lain lain. Beras ketan yang telah dimasak akan ditaburi dengan parutan kelama diatasnya.

Makanan ini sangat gurih dan enak untuk dimakan di pagi hari. Selain itu, sokko juga dihidangkan dengan sedikit ikan teri asin goreng dan juga sambal. Mungkin untuk kalian yang baru pertama kali mencicip, pasti akan ada sedikit kejutan.

Cucuru

Makanan yang terakhir di daftar hari ini adalah cemilan lagi. Makanan cucuru merupakan jajanan yang sangat lezat dan manis. Anda wajib mencoba cemilan yang satu ini. Banyak orang juga menyebutkan makanan ini sebagai Cucuru Tekne. Kue ini dibuat dengan tepung beras dan gula merah. Bentuknya pun bulat dan memiliki tekstur yang kenyal dan juga lembuh.

Berikut adalah beberapa jajanan yang wajib dicoba teman teman semua. Selamat mencoba.