jenis septic tank
Concrete septic tank at construction site

Kenali Semua Jenis Septic Tank yang Baik

Diposting pada

Septic tank yang baik harus dimiliki oleh semua rumah dan juga tempat umum. Pasti masih banyak diantara anda semua masih tidak tau apa itu septic tank. Septic tank adalah alat yang dimiliki oleh semua rumah tangga di dunia. Tujuan dari septic tank yang baik adalah untuk memastikan pembuangan limbah atau kotoran manusia berjalan dengan lancar. Itulah mengapa ada inovasi atau teknologi yang disebut dengan septic tank. Melalui jenis septic tank ini, kotoran yang dihasilkan manusia pun akan terdaur ulang dan menjadi kompos.

Apakah Penting Untuk Menggunakan Jenis Septic Tank yang Baik?

Menggunakan septic tank dengan kualitas terbaik sangatlah penting. Karena jika tidak, akan ada banyak komplikasi dengan septic tank kualitas rendah. Meskipun anda membeli septic tank yang baik, anda tetap harus mengeluarkan sedikit biaya untuk merawat septic tank tersebut. Mungkin saja ada maintenance seperti biaya untuk sedotan WC atau juga WC penuh. Jika ini terjadi, anda bisa langsung menghubungi jasa sedot WC yang baik dari internet. Akan ada banyak jasa yang menawarkan pelayanan bagus untuk membersihkan septic tank supaya bisa bertahan lama.

Selain itu, septic tank memiliki fungsi untuk mengolah limbah. Jika sebuah septic tank memiliki bahan yang tidak memadai, maka limbah pun tidak dapa diolah dengan baik. Jika ini terjadi, anda bisa menghadapi banyak komplikasi saat memasang septic tank. Bisa saja jenis septic tank tersebut tidak lagi mampu menahan kotoran dan tidak bisa mengolah limbah. Itulah mengapa septic tank dengan kualitas rendah harus dihindari. Biaya untuk septic tank berkualitas tinggi juga tidak terlalu mahal biayanya. Semuanya tetap akan terjangkau dan masih dengan harga yang wajar.

Memilih Septic Tank yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setiap ukuran septic tank akan mampu menampung jumlah kotoran dari orang yang berbeda beda. Biasanya ukuran dari septic tank ini pun akan dihitunga secara meter kubik. Jika anda membeli septic tank dengan 1 meter kubik saja, maka ini sudah bisa menampung kotoran 2 hingga 4 orang. Septic tank sekecil 1 meter kubik sudah cukup jika tujuan anda adalah untuk rumah tangga pribadi. Ada juga ukuran yang sedikit lebih besar. Dengan septic tank ukuran ini, kotoran yang ditampung bisa sedikit lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Selain kebutuhan rumah tangga, pasti ada banyak tempat lain yang membutuhkan septic tank. Beberapa tempat tersebut adalah seperti restoran, tempat umum, perkantoran, hotel, dan lain lain. Tanpa septic tank, maka kotoran pun tidak bisa diolah dalam skala besar. Itulah mengapa septic tank bisa menjadi alat paling efektif dalam mengubah kotoran menjadi kompos. Jadi jika anda membutuhkan septic tank untuk jumlah orang yang banyak, maka ukuran pun harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Septic Tank Baja

Jenis septic tank pertama di daftar hari ini terbuat dari bahan baja. septic tank baja tidak terlalu sering digunakan banyak orang. Mungkin secara sekilas, harga septic tank baja sangat murah dibandingkan dengan harga septic tank lainnya. septic tank ini bisa mencapai harga semurah Rp 500 ribu hingga Rp 3 jutaan tergantung ukuran. Meskipun harganya murah, ada banyak kelemahan dari septic tank baja ini.

Kelemahan pertama yang dimiliki oleh septic tank jenis baja ini adalah bahannya. Bahannya sendiri saja sudah tidak terlalu cocok jika digunakan sebagai bahan septic tank. Kita semua tau bahwa besi dan air merupakan kombinasi tidak cocok. Jika kalian menaruh besi dan air secara bersamaan, maka besi pun bisa berkarat. Saat berkarat, besi akan menjadi lapuk dan bisa hancur. Meskipun harga septic tank satu ini sangat murah, septic tank ini akan sangat merugikan jika anda memilih untuk membelinya. Saat rusak, maka anda pun harus menggantinya dan mengeluarkan uang lagi.

Selain semua kelemahan dari septik tank baja, ada juga beberapa keunggulannya. Sistem pengolahan limbah lebih lancar dibandingkan dengan menggunakan septic tank lainnya. Ini karena komponen yang ada di dalam septic tank lebih bagus dalam mengolah kotoran. Namun sedikti kerusakan saja sudah membuat septic tank ini tidak bisa digunakan.

Septic Tank Plastik

Jika anda mencari septic tank termurah diantara semua septic tank, maka ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Namun kapasitas untuk septic tank yang satu ini pun tidak banyak. Karena jika berukuran besar, septic tank berbahan plastik pun bahaya untuk digunakan. Karena jenis septik tank ini memiliki bahan yang tidak terlalu kuat jika dibandingkan dengan yang lainnya. Meskipun tidak kuat menampun kotoran dalam skala besar, septic tank plastik ini tetap bisa digunakan dalam rumah tangga.

Tarif untuk memasang septic tank plastik bisa dibilang sangat murah. Karena biaya pemasangan juga sangat murah dan ringan, sehingga tidak membutuhkan alat berat untuk memasang septic tank ini. Selain itu, bahan plastik juga anti karat. Sehingga anda pun tidak perlu cemas saat septic tank ini digunakan dalam jangka panjang. Namun sekali rusak, septic tank pun harus cepat diganti. Plastik akan sangat susah untuk diperbaiki jika sudah pecah.

Septic Tank Fiberglass

Pilihan jangka panjang terbaik diantara semua produk adalah fiberglass. Kami sangat merekomendasikan anda semua untuk memilih jenis septic tank ini. Ini karena septic tank fiberglass memiliki properti yang ditawarkan oleh baja, namun memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dari plastik. Fiberglass adalah material yang dibuat menggunakan serat kaca. Sehingga bahan tersebut pun diperkuat dan tidak mudah pecah. Membeli septic tank seperti fiberglass sangat penting supaya anda tidak perlu terus menggantikan septic tank anda.

Mungkin jenis septic tank ini lebih mahal dibandingkan yang lainnya. Namun anda bisa melihat ini sebagai sebuah investasi. Meskipun uang yang dikeluarkan banyak, ini akan sangat sepadan dengan kualitas yang akan didapatkan.

Septic Tank Beton

Bahan terakhir untuk jenis septik tank ini merupakan bahan paling kuat diantara yang lainnya. Beton memiliki harga lebih tinggi dibandingkan bahan septic tank lainnya. Ini karena biaya untuk membuatnya pun sangat tinggi. Selain itu, ada juga biaya lainnya yang harus diperhatikan. Seperti biaya pemasangan dan pengangkutan.

Dengan harga yang ditawarkan, beton pun menjadi sangat berguna. Bahan jenis satu ini biasanya digunakan di tempat tempat dengan orang yang banyak. Sehingga jenis septic tank satu ini pun bisa menampung banyak limbah kotoran. Jika anda ingin memiliki solusi pengolahan limbah jangka panjang, maka ini bisa menjadi pilihan terbaik. Pastikan anda semua mengerti kegunaan masing masing septic tank. Sekian untuk artikel ini, kami harapkan anda bisa mengerti tentang artikel ini.