Kelebihan Menggunakan Pagar Panel Untuk Konstruksi

Kelebihan Pagar Panel

Pagar panel merupakan pagar yang sering orang gunakan di berbagai konstruksi. Pagar yang juga kita kenal dengan nama pagar beton panel ini merupakan pagar yang bahan dasarnya dari campuran pasir, semen dan kerikil dengan tambahan tulang besi di dalamnya sehingga sangat kuat dan tahan lama. Kalau Anda ingin membeli pagar panel ada baiknya Anda mengetahui juga berbagai kelebihan pagar panel

Di era sekarang, lahan di kota besar semakin sempit, sebut saja di Jakarta dan Surabaya yang lahannya terus berkurang. Karena alasan ini, kerap terjadi penyerobotan lahan oleh oknum tertentu. Hal seperti ini sangat sering terjadi karena tidak ada batas final lahan antar pemilik di kota besar. 

Karena itulah, Anda bisa memagari pekarangan atau lahan dengan metode tertentu. Dengan pemagaran tersebut, maka masalah penyerobotan lahan tadi minim terjadi. Ada berbagai metode yang bisa kita gunakan/ Salah satunya memanfaatkan pagar panel yang akan kita bahas kali ini. 

Menggunakan pagar jenis ini sudah kerap orang lakukan. Tidak heran jika di kota besar sering terlihat pagar ini untuk membatasi pekarangan. Bagi yang ingin menggunakannya, Anda bisa cek ulasan berikut agar fungsinya semakin sesuai dengan yang Anda harapkan.

Manfaat Pagar Panel Beton

Kabar baiknya, di era sekarang ada beragam solusi untuk pemagaran lahan, salah satunya dengan menggunakan pagar beton panel/yang sedang kita bahas di artikel ini. Pagar ini sudah sangat lazim orang pergunakan di Indonesia, khususnya untuk membatasi batas lahan atau perkarangan tertentu. 

Seperti yang sudah saya sebutkan, ada bagian dari pagar ini yang terbuat dari tulang besi. Nah, bagian inilah yang membuat struktur pagar menjadi lebih kuat dan berbeda dengan pagar lain. Tak hanya kuat saja, pagarnya juga sangat tahan lama. Tidak heran pagar ini menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin ada batas antar lahan.

Pagar beton panel bukan hanya orang gunakan di perumahan saja. Namun kerap untuk di kebun, kawasan industri, pabrik hingga universitas dan masih banyak bangunan lain. Pengaplikasiannya juga mudah dan tidak ribet. Belum lagi banyak kelebihan yang ada pada pagar beton panel. 

Kelebihan Menggunakan Pagar Panel Beton

Selain metode lain, menancapkan pagar beton panel untuk pembatas lahan ada banyak kelebihan. Kelebihan inilah yang membuat metode ini laku keras. Sebelum memasang pagar beton panel, ada baiknya tahu apa saja kelebihannya. Bagi yang penasaran, berikut kelebihan-kelebihannya

Tahan lama dan kuat

Keunggulan pertama kenapa harus menggunakan pagar beton panel adalah karena kuat dan juga tahan lama. Kenapa bisa begitu? Pasalnya precast pagar jenis ini memasukkan material dan juga tulangan besi baja ke bagian dari panel pagar. Selanjutnya memasukkan campuran beton.

Dengan material inilah tidak heran jika struktur pagar menjadi lebih tahan lama dan kuat daripada pagar biasa. Bahkan kekuatannya bisa untuk jangka panjang. Pagar juga bisa berdiri kokoh meskipun pergantian cuaca ekstrim sekalipun tanpa mengganti pagar dengan yang baru.

Sangat fleksibel

Kelebihan kedua menggunakan pagar panel adalah mudah dipindahkan dan juga mudah dibongkar pasang oleh siapapun. Memang melihat bahan material yang digunakan, sekilas pagar ini cukup sulit untuk dipasang, terlebih untuk pemula atau yang baru tahu seputar pagar.

Namun siapa sangka, ternyata pemasangannya sangat mudah dan anti ribet. Dengan begitu, Anda bisa menghemat tenaga saat ingin memasang atau bongkar pagar. Namun untuk antisipasi, disarankan menggunakan tenaga yang ahli atau sudah pernah memasang pagar beton panel ini. 

Hemat waktu pengerjaan

Keunggulan ketiga adalah dari cepat atau tidaknya durasi pengerjaan pemasangan pagar. Secara umum, pemasangan pagar beton panel yang tidak ribet juga mempengaruhi waktu pengerjaan pemasangan pagar itu sendiri.

Dimana waktu pemasangan pagar ternyata lebih singkat dibanding pagar konvensional pada umumnya. Jika dirata-rata, dalam satu hari, pekerjaan sudah bisa menyelesaikan pemasangan pagar hingga 50 meter. Lebih panjang dibanding pemasangan pagar konvensional lain.

Karena waktu pengerjaan dan pemasangan yang tidak ribet, tidak heran jika pagar ini kerap direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan pembatas kavling tanah yang luas. Tentu karena tidak memakan waktu dan tidak rumit.

Hemat biaya

Kelebihan menggunakan pagar panel berikutnya adalah karena hemat biaya saat pemasangannya. Pagar jenis ini dianggap mempunyai tingkat efisien yang lebih tinggi. Tidak heran jika prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Begitu juga dengan budget yang juga tidak terlalu besar.

Harga pagar panel di pasaran juga cukup stabil karena tidak mengalami lonjakan yang terlalu berarti. Dibanding pagar lainnya, harganya juga lebih murah. Ini karena pembelian material juga menerima pemasangan . jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari tukang lain. Sehingga hemat biaya pemasangan.

Rapi dan sangat minimalis

Terakhir, pagar beton panel juga tergolong sangat rapi dan minimalis dibanding jenis pagar lain. Hal inilah yang membuatnya tampak sangat elegan saat diterapkan. Pagar ini dikenal dengan permukaan yang datar dan halu.

Harga Pagar Beton Panel Di Pasaran

Setiap daerah di Indonesia, memiliki harga pasaran yang berbeda-beda untuk pagar jenis ini. Tentu saja semakin bagus material yang digunakan, harga pagar juga semakin mahal. Tapi keawetan pagar juga lebih terjamin. Sebelum membeli pagar, ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu.

Baca juga: Tips Memilih Standing Pouch untuk Bisnis

Tujuannya tidak lain agar budget yang sudah disiapkan sesuai dengan pengeluaran saat pembelian pagar. Anda bisa survei di toko material di lokasi tempat tinggal. Setelahnya bandingkan harga masing-masing. Untuk referensi, berikut kisaran harga pagar beton panel ini:

Jenis Pagar Beton PanelUkuranHarga Per Lembar
Panel Beton Pagar Polos Mutu K 3002400 x 400 x 50Rp 132.000
Panel Beton Pagar Polos Mutu K 3002400 x 450 x 50Rp 146.000
Panel Beton Pagar Motif Mutu K 3002400 x 400 x 50Rp 140.000
Panel Beton Pagar Polos Mutu K 2252400 x 400 x 50Rp 123.000
Panel Beton Pagar Polos Mutu K 2252400 x 450 x 50Rp 136.000
Panel Beton Pagar Motif Mutu K2400 x 400 x 50Rp 138.000

Harga di atas masih bisa dinegoisasi sesuai kebutuhan yang Anda perlukan. Tentunya semakin banyak panel beton yang dibutuhkan, harganya juga bisa lebih murah. Selain itu, harga ini juga bisa lebih rendah atau mahal sesuai daerah masing-masing. Jadi jangan terpaku di sini, Anda harus survei terlebih dahulu.

Menggunakan pagar panel untuk konstruksi memang sangat mengesankan. Selain bangunan lebih awet, kelebihan menggunakan pagar panel membuat bangunan juga akan tampak lebih menarik dan berbeda dengan pagar konvensional lain. Bagi yang masih pemula, disarankan menggunakan tenaga ahli agar hasil yang dihasilkan sesuai dengan rencana awal.