4 Jenis Konten Yang Menarik Dan Dapat Mendatangkan Traffic Ke Blog
Sumber gambar: pixabay

4 Jenis Konten Yang Menarik Dan Dapat Mendatangkan Traffic Ke Blog

Diposting pada

Apa jenis konten yang menarik dan dapat mendatangkan banyak traffic ke blog? Lewat artikel kali ini, kami akan sedikit mengulasnya untuk anda.

Seperti yang diketahui, konten adalah suatu bagian penting dalam blog ataupun website. Konten sendiri telah lama menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi dalam penerapan SEO. 

Google terbilang sangat cukup ketat dalam memilih konten yang akan ditampilkan di hasil pencarian. Google hanya menampilkan konten yang relevan dengan kata kunci. Oleh karena itu, memberikan konten berkualitas dan juga relevan menjadi tugas dari pengelola web, selain menerapkan teknik SEO.

Penerapan teknik SEO memang harus diakui sangat penting untuk dilakukan. Namun dalam hal ini, konten yang relevan dan berkualitas jauh lebih penting. Tanpa konten yang menarik, pengunjung hanya akan mampir sebentar dan tidak akan mengunjungi lagi blog anda.

Jenis Konten Yang Menarik Untuk Datangkan Traffic Kunjungan

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi jenis konten yang menarik dan berpotensi mendatangkan banyak traffic ke blog yang anda kelola. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Konten Panduan

Jenis dan contoh konten menarik pertama yang memiliki potensi besar untuk mendatangkan banyak traffic kunjungan ke blog adalah konten bertipe panduan. Konten panduan ini merupakan jenis konten yang isinya menyajikan panduan untuk menggunakan atau melakukan sesuatu.

Konten panduan ini juga terbilang banyak dicari dan biasanya bersifat long term alias bertahan lama. Long term di sini artinya akan tetap dicari  dalam jangka waktu panjang. 

Misalnya, artikel tentang cara menghilangkan jerawat (Ke depannya, masih akan ada banyak pengguna internet yang mencari konten ini).

2. Konten Infografik

Konten infografik juga merupakan jenis konten yang berpotensi mendatangkan banyak traffic ke blog. Untuk anda yang belum mengenal jenis konten ini, konten ini adalah konten yang memfokuskan menyajikan data dalam bentuk gambar-gambar, seperti grafik, tabel dan lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua pengguna internet itu suka membaca. Konten infografik ini menyasar tipe pengguna internet yang malas membaca tersebut. Dengan menyajikan data dalam bentuk gambar akan membantu pengguna internet tadi untuk mendapatkan informasi dengan lebih mudah.

Sebuah catatan penting. Jika anda menyajikan konten jenis, maka pastikan bahwa data yang anda gunakan adalah data valid. Jangan lupa juga untuk menggunakan gaya bahasa yang menarik. Dengan begitu, konten ini akan optimal meningkatkan engagement dan kunjungan blog anda.

Di Indonesia, jenis konten ini mungkin tidak terlalu populer. Namun beberapa situs besar seperti CNN dan BBC menggunakan jenis konten ini untuk mendatangkan traffic kunjungan.

3. Konten Daftar (Listicle)

Masih lanjut bicara tentang blogging dan jenis konten yang menarik untuk mendatangkan traffic. Konten jenis listicle atau daftar menjadi jenis konten lainnya yang dapat anda pilih.

Jenis konten ini dapat dikatakan sebagai salah satu yang populer. Banyak blogger yang membuat artikel dengan mengambil jenis ini. Contohnya seperti:

  • 10 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik
  • 10 Alasan mengapa kamu harus menabung 
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Dalam pembuatan konten artikel berjenis listicle ini sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengumpulkan banyak sumber dan kemudian merangkumnya menjadi satu konten.

Beberapa situs ternama yang menggunakan jenis konten ini dan berhasil mendatangkan banyak traffic adalah IDN times dan Hipwee. Anda dapat langsung mengecek kedua situs tersebut.

4. Konten Review

Jenis konten menarik yang terakhir dalam daftar kami adalah jenis konten review. Konten ini jenis termasuk yang banyak diminati oleh blogger Indonesia. Jenis konten ini memberikan informasi dan perspektif tentang suatu produk ataupun jasa.

Bahkan saat ini terdapat beberapa layanan yang menawarkan jasa untuk mereview suatu produk berupa barang atau jasa. 

Adapun beberapa hal yang biasanya disajikan pada jenis konten ini adalah :

  • Fitur 
  • Harga
  • Kelebihan atau kelemahan
  • Tampilan kemasan
  • Dan hal-hal lainnya

Selain Menarik, Konten Juga Harus Original

Membuat konten untuk blog, keaslian juga menjadi sebuah concern penting yang harus anda perhatikan. Google memberikan hukuman keras kepada situs atau blog yang merupakan hasil copy paste atau mencuri konten milik orang lain. 

Hukuman tersebut dapat berupa penurunan peringkat blog hingga hilangnya post tersebut dari hasil pencarian mesin pencari. Buatlah konten yang kiranya benar-benar karya anda dan bukanlah hasil plagiat.

Asli bukan hanya terkait dengan perbedaaan  gaya bahasa maupun cara penyampaian. Nilai keaslian juga menyangkut kebaruan ide yang anda sajikan dalam konten. Konten yang original dalam hal penulisan dan idenya akan berpotensi tinggi untuk menempati rangking yang lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari. 

Itulah sedikit ulasan kami mengenai jenis konten yang menarik dan potensial mendatangkan banyak traffic ke blog. Semoga informasi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan membantu mengembangkan blog anda. Terima kasih.

Baca Juga : Cara Optimasi SEO Website Judi Agar Peringkat Atas di Google