Distributor Lampu LED
Distributor Lampu LED

Mengenal Berbagai Jenis Lampu yang Dijual oleh Distributor Lampu LED

Diposting pada

Lampu LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode. Lampu ini merupakan komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya. Tentunya, ketika mendapat tegangan listrik. Keluarga lampu LED ini terbuat dari bahan semikonduktor. Saat ini, berbagai varian jenis lampu hemat energi ini banyak dijual oleh para distributor lampu LED.

Pancaran warna lampu LED tergantung pada jenis bahan semikonduktornya. LED juga dapat memancarkan sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata. Seperti yang sering kita jumpai pada Remote TV. Atau pada Remote Control perangkat elektronik lainnya.

Namun kenyataannya. Masyarakat luas belum mengenal apa itu lampu LED.

Mereka cenderung lebih memilih lampu murah yang dijual di pasar-pasar. Lampu-lampu rumah tangga itu contohnya adalah lampu LED, lampu CFL (Compact Fluorescent Light) dan lampu pijar.

Dari ketiga lampu tersebut, yang sering orang beli adalah lampu CFL atau neon ukuran kecil. Karena harganya yang lebih mudah terjangkau. Kecuali bagi yang sudah tahu keunggulan lampu LED. Walaupun CFL mendominasi dengan harga yang lebih murah. Lampu jenis tersebut tidak dapat menghemat energi.

Para distributor lampu LED menyarankan untuk memakai produk lampu mereka. Karena lampu LED memancarkan lebih banyak cahaya dan tidak panas. Sehingga bisa menghemat energi. Sedangkan lampu jenis CFL berlaku sebaliknya.

Selain itu, lampu CFL masih mengandung logam merkuri yang berbahaya bagi kesehatan.

Logam merkuri ini berfungsi untuk memendarkan cahaya pada tabung lampu CFL. Sehingga pembuangan limbah CFL harus menjalani proses rumit secara khusus.

Berdasarkan anatomi dan jenis penggunaannya, distributor lampu LED membagi produk mereka menjadi dua jenis, yaitu:

1. Indicator

Indicator adalah jenis lampu LED berukuran 5 mm yang paling sering muncul pada berbagai alat elektronik. Jenis ini relatif murah, mempunyai daya (watt) rendah dan panasnya tidak menyebar kemana-mana. Panas akan tetap berada dalam chip.

Nick Holonyak mengembangkan LED Indicator berwarna merah pertama kali oleh pada tahun 1962. Sepanjang tahun 60-an itu, LED menjadi lampu indikator kecil pada beberapa perangkat elektronik. LED warna hijau dan kuning baru keluar pada awal-awal tahun 70-an. Dan berguna untuk lampu lalu lintas, jam, tanda exit dan perangkat elektronik lainnya.

2. Illuminator

Illuminator adalah jenis lampu LED yang sangat berguna untuk penerangan. Lampu ini memiliki lumen (tingkat cahaya) yang tinggi dan tahan lama. Sehingga memerlukan daya yang tinggi. Namun, jika dibandingkan dengan jenis lampu lain. LED tetap mengonsumsi daya yang rendah dengan lumen yang sama.

Sedangkan untuk jenis-jenis produk lampu LED penerangan yang biasa dijual oleh distributor lampu LED adalah:

Super Flux LED

Super flux LED termasuk dalam jenis LED Illuminator yang mengonsumsi listrik dalam jumlah besar karena memiliki punya dua kutub positif dan juga dua kutub negatif. Penggunaan Super flux LED banyak ditemui pada lampu penerangan dan papan iklan di pinggir jalan.

Bicolor LED

Seperti namanya, bicolor LED dapat memancarkan cahaya lebih dari satu warna. Atau menyala secara bergantian. Bicolor LED biasanya banyak ada pada mainan anak-anak.

SMD LED

SMD adalah singkatan dari Surface-Mount Device yang merupakan salah satu jenis chip LED yang berukuran kecil. Jenis LED yang satu ini, banyak ada untuk berbagai macam peralatan rumah tangga. Mulai dari senter, lampu ruangan, lampu hias, sampai lampu emergency.

COB LED

COB adalah singkatan dari Chip-On Board yang merupakan jenis lampu LED yang dapat menyala lebih terang dan merata. Karena memiliki banyak sekali chip dalam satu papan. Sebenarnya jenis lampu COB LED ini merupakan pengembangan dari lampu LED jenis SMD.

High Power LED

Jenis lampu LED yang terakhir adalah high power LED. Tipe chip LED yang satu ini memiliki kemampuan, yakni dapat memunculkan cahaya dengan intensitas yang lebih tinggi atau terang. Akan tetapi, lampu ini lebih mudah panas.

Demikianlah, berbagai jenis produk yang banyak dijual distributor lampu LED, serta mudah ditemui di masyarakat. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Jangan lupa kunjungi artikel menarik kami lainnya.