Tidak Sekedar Nulis, Mengenal Cerita Fabel Juga Penting Agar Tulisan Jadi Hidup

Tidak Sekedar Nulis, Mengenal Cerita Fabel Juga Penting Agar Tulisan Jadi Hidup

Diposting pada

Mengenal cerita fabel bagi yang gemar menulis genre satu ini nampaknya menjadi sebuah hal yang penting. Sekalipun terlihat mudah dan sepele, nyatanya menulis fabel atau cerita binatang, tetap tidak mudah. Butuh imajinasi serta kreativitas penulis.

Dari pengertiannya cerita fabel adalah cerita yang menampilkan cerita tentang binatang sebagai tokoh utama. Karakter dalam cerita tersebut penulis tampilkan seperti karakter manusia. Cerita fabel bersifat mendidik karena banyak pelajaran yang dapat kita ambil.

Mengenal Cerita Fabel dan Berbagai Unsur di Dalamnya

Membuat cerita fabel pada dasarnya sama dengan membuat cerita biasa. Hanya saja tokoh utama dalam cerita ini adalah binatang. Nah, agar tahu lebih dalam mengenai cerita fabel, kulik selengkapnya di bawah ini;

1. Ciri-Ciri

Mengenal cerita fabel dari ciri-cirinya nampaknya lebih mudah. Karena cerita fabel mempunyai ciri khas dengan tokoh binatang. Namun, cerita fabel juga memiliki ciri-ciri yang lain, yaitu  alur yang penulis gunakan selalu alur maju. 

Selain itu watak dari tokoh dalam cerita ini memiliki karakter yang baik dan buruk. Adapun latar yang penulis gunakan adalah gunung, gurun, sungai dan yang lainnya. Cerita yang penulis buat begitu singkat, cepat dengan alur yang sederhana.

2. Struktur Cerita Fabel

Mengenal struktur cerita fabel juga harus kita ketahui bagi siapapun yang gemar menulis fabel. Sebagaimana cerita pada umumnya struktur ceritanya antara lain harus memiliki judul. Judul yang kita buat harus menarik agar dapat memancing minat baca.

Untuk mendapatkan ide judul menarik bisa dengan mencari referensi di https://academia.co.id/ atau membaca banyak fabel. Struktur yang kedua adalah orientasi yakni pengenalan karakter, waktu dan tempat dalam cerita. Selanjutnya akan muncul konflik.

Dalam struktur sebuah cerita fabel, konflik ini dinamakan komplikasi. Nantinya akan berlanjut pada struktur klimaks atau puncak masalah. Setelah masalah menemukan penyelesaian atau resolusi, nanti akan kita temukan pesan atau hikmah dari cerita fabe.

3. Jenis-Jenis Fabel

Begitu mengenal cerita fabel lebih dekat akan lebih mudah untuk mengetahui tentang jenis cerita fabel. Pada dasarnya cerita fabel memiliki 2 jenis yakni fabel modern dan fabel klasik. Perbedaan keduanya berdasarkan kurun waktu pembuatannya.

Fabel modern dalam pengenalan tentang cerita fabel adalah cerita fabel yang orang tulis dengan kurun waktu yang lama.ciri-ciri dari fabel ini adalah tokohnya memiliki karakter yang unik. Isi cerita bisa panjang atau pendek serta memiliki tema yang lebih rumit.

Jenis yang kedua adalah fabel klasik yaitu cerita tentang binatang yang telah kita kenal sejak jaman dahulu. Dengan mengenal cerita fabel ini akan ketahui bahwa cerita ini memiliki ciri tema yang lebih sederhana. Ceritanya lebih pendek dan banyak mengandung pesan moral.

4. Kunci Membuat Cerita Fabel yang Menarik

Untuk membuat cerita fabel yang menarik, kuncinya tidak hanya mengenal cerita fabel saja. Lebih dari itu, cerita fabel yang menarik kuncinya terletak pada jalan cerita yang tidak biasa, tokoh yang unik, serta judul yang provokatif.

Jalan cerita yang tidak biasa dapat dibuat dengan membuat cerita fabel yang belum pernah ada. Tokoh yang ada dalam cerita adalah tokoh yang akrab dengan anak-anak. Atau dapat menciptakan tokoh yang belum pernah diangkat dalam sebuah cerita.

Mengenal cerita fabel untuk anak-anak juga tidak bisa kita lepaskan dari judul yang dibuat. Agar cerita fabel dapat menarik perhatian, tokoh binatang saja tidak cukup. Judul yang provokatif memainkan peranan yang penting.

Judul provokatif adalah judul yang buat harus membuat penasaran yang mwmbacanya. Jika hal demikian telah terjadi, maka cerita tersebut akan banyak yang membaca. Untuk membuat judul tersebut harus memiliki banyak referensi dan banyak baca.

5. Contoh Cerita Fabel yang Paling Terkenal

Mengenal cerita fabel sederhana akan semakin lengkap apabila terdapat contoh cerita fabel yang terkenal. Dari dahulu hingga sekarang cerita fabel yang selalu orang bicarakan dan bacakan adalah kisah si Kancil. Cerita binatang satu ini memang selalu seru.

Yang paling anak-anak kenal dari cerita si Kancil ini adalah ceritanya bersama dengan buaya dan sapi. Alkisah dalam cerita tersebut buaya akan memakan sapi. Teriakan sapi ternyata di dengar oleh sang kancil yang berhasil mengelabui sang buaya.

Sapi pun akhirnya lepas dari cengkeraman buaya dan bisa bebas dengan mudahnya. Dari cerita fabel tersebut kita bisa dapatkan sebuah pesan yang mendalam. Bahwa sebagai makhluk hidup kita tidak boleh untuk saling menyakiti makhluk yang lain dan seharusnya saling menolong.

Tindakan yang demikian hanya akan membuat diri sendiri celaka. Sama seperti yang buaya alami yang akan menyakiti sapi yang tak berdaya. Karena kecerdikan kancil akhirnya buaya pun mendapatkan balasan yang setimpal dan kapok menganggu sapi kembali.

Baca juga: Penyebab Stroke Menyerang Tubuh Manusia

Demikianlah ulasan tentang mengenal cerita fabel. Ingin mendapatkan cerita fabel yang lebih menarik lagi? Silahkan kunjungi https://academia.co.id/. Beragam cerita, hikmah hingga pengetahuan lengkap didapatkan di sana.