Cara Meningkatkan Page Speed Website Untuk Optimalkan SEO
Sumber gambar: pexels.com

Cara Meningkatkan Page Speed Website Untuk Optimalkan SEO

Diposting pada

Bagaimana cara meningkatkan page speed website agar SEO menjadi lebih optimal?. Kali ini kami akan membahas secara ringkas dan padat mengenai hal tersebut.

Penerapan SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu hal penting untuk diterapkan untuk membuat suatu website atau situs menempati urutan terbaik di pencarian mesin pencari. Dalam penerapan SEO sendiri, terdapat banyak faktor yang perlu diperhatikan.

Salah satu faktor yang vital dalam penerapan SEO ini adalah mengenai pagespeed dari website.

Apa Itu Pagespeed ?

Untuk anda yang masih belum mengenai definisi dari pagespeed ini. Secara sederhana, pagespeed ini dapat dijelaskan sebagai jumlah waktu atau durasi yang dibutuhkan untuk menampilkan konten.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pagespeed ini. Mulai dari desain dari website, server hardware yang anda gunakan hingga koneksi dari database. 

Pagespeed sendiri juga merupakan cerminan dari kualitas hosting website. Dimana semakin berkualitas hosting, maka semakin cepat pula kecepatan loading halaman website tersebut.

Selain dapat mempengaruhi peringkat di hasil pencarian. Pagespeed juga mempengaruhi angka bounce rate website anda. Hal tersebut dikarenakan tidak banyak pengguna internet yang sabar dalam mengakses sebuah website.

Alhasil, jika website yang mereka tuju memerlukan waktu lama untuk memuat konten, maka mereka kemungkinan besar akan meninggalkannya. Itulah mengapa pagespeed ini juga sangat berkaitan dengan bounce rate.

Hubungan Pagespeed Dengan Google

Untuk anda yang sering membaca seputar SEO tentunya pernah mendengar bahwa Google telah menambahkan pagespeed sebagai salah satu parameter perangkingan dalam hasil pencarian. Google telah resmi mengumumkan hal tersebut pada tahun 2010 lalu.

Pengumuman Google tersebut seakan menjadi penegasan bahwa Google dapat memberikan peringkat yang lebih baik apabila anda memperbaiki page speed website anda.

Alasan dari Google melakukan hal ini sebenarnya cukup sederhana yakni memberikan pengalaman terbaik kepada user dalam browsing.

Cara Mengecek Pagespeed dari Website

Pengecekan pagespeed dari sebuah website sebenarnya adalah hal yang mudah dan sederhana. Terdapat cukup banyak tools yang dapat anda gunakan untuk mengetahui kecepatan dari website anda. Adapun beberapa dari tools tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pagespeed Insight adalah Google pagespeed tool (tool rilisan Google) yang dapat menganalisis kecepatan suatu website apakah telah memenuhi standar Google. 
  • Pingdom Website Speed Test juga adalah tolol page checker yang juga dapat anda gunakan untuk mengecek kecepatan dari suatu website. Tool yang satu ini juga menyediakan data-data yang dapat membantu mengoptimalkan kecepatan website anda.
  • Selain kedua tool sebelumnya, anda juga dapat mengandalkan perangkat Web Page Test. Tool ini tidak hanya dapat mengecek kecepatan website di jaringan Indonesia, namun juga website di jaringan luar negeri.

Seperti yang telah kami sebutkan. Terdapat banyak tools yang dapat anda gunakan untuk memeriksa kecepatan website anda. 3 tool yang kami sebutkan sebelumnya adalah beberapa yang paling populer. Namun anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan opsi tool lain seperti beberapa tools berikut:

  • Geek Flare
  • GTMetrix
  • Web Page Analyzer
  • Chrome DevTools
  • Load Impact

Cara Meningkatkan Page Speed Website

Untuk dapat mempercepat loading website anda, terdapat beberapa tips yang dapat anda terapkan. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Memastikan Kualitas Server

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, server adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan suatu website. Untuk itu, pastikan bahwa server yang anda gunakan berkualitas tinggi, sehingga dapat menampung banyak pengunjung dan memuat halaman dengan lebih optimal.

2. Menggunakan Content Delivery Network

Jika anda menyajikan konten website yang ditujukan untuk pengunjung secara global, disarankan untuk anda agar menggunakan CDN (Content Delivery Network). CDN ini dapat meningkatkan penyampaian konten dengan melakukan hosting konten (video dan gambar) ke beberapa server.

3. Memperkecil Ukuran Foto Dan Video

Besarnya ukuran file dari foto atau video yang disajikan di website adalah salah satu penyebab lain mengapa kecepatan loading website menjadi lambat. Untuk itu, 

upayakan untuk memadatkan ukuran file konten anda sekecil mungkin. Dalam hal ini, anda dapat mengandalkan tool kompres gambar seperti compress jpeg dan compress PNG.

4. Hapus Plugin Yang Tidak Penting

Jika anda menggunakan platform website seperti WordPress, pastikan bahwa anda menghapus plugin dan external script yang tidak penting. Plugin dan external script ini dapat mempengaruhi kecepatan loading website anda.

5. Gunakan Page Speed Checker

Selalu pastikan bahwa anda melakukan pengecekan berkala dari kecepatan website yang anda kelola. Pada bagian ini, anda disarankan untuk menggunakan page speed insight dan juga web page test untuk melakukannya.

Kedua tools tersebut dapat memberikan laporan terkait isu yang menurukan kecepatan website anda.

Itulah pembahasan singkat dan padat mengenai cara meningkatkan page speed website. Semoga informasi ini dapat membantu untuk meningkatkan kecepatan website anda.

Baca Juga : Cara Optimasi SEO Website Judi Agar Peringkat Atas di Google