Cara Agar Artikel Terindex Google, Berikut Ulasan Lengkapnya
Sumber gambar: pexels.com

Agar Artikel Terindex Google, Bagaimana Caranya?. Inilah Jawabannya

Diposting pada

Artikel blog atau website anda tidak terindex di Google?, Kami memiliki cara agar artikel terindex google yang dapat anda coba.

Saat ini, masih banyak sekali blogger yang belum mengetahui cara untuk membuat blog dan situs mereka dapat muncul di pencarian Google. Mungkin anda juga adalah salah satunya.

Jika anda kiranya mengalami masalah ini. Kali ini kami akan membahas tentang lebih detail tentang cara agar artikel terindex Google dengan cepat. 

Apakah Blog Anda Telah Melakukan Beberapa Hal Berikut?

Sebelum lanjut menuju cara agar artikel terindex Google, mari mulai dengan melakukan pengecekan terhadap blog yang anda kelola. Adapun beberapa hal yang perlu anda cek adalah sebagai berikut:

Terkoneksi Dengan Google Search Console

Salah satu hal yang harus anda cek terkait dengan blog anda adalah apakah blog anda telah terkoneksi dengan Google Search Console. Kunci dari indexing suatu blog atau website sendiri adalah Google Serch Console ini.

Jika mengibaratkan bahwa blog anda adalah perpustakaan. Maka Google Search Console ini adalah kunci untuk membuka pintu perpustakaan tersebut. Sehingga pengunjung dapat masuk dan menikmati konten anda. Pastikan bahwa anda telah mendaftarkan blog anda ke Google Search Console. 

Saat mendaftarkan blog ke Google Serch Console, anda akan harus melakukan Google Site Verification dengan menanamkan meta tag verification ke html blog anda. Hal ini guna mempermudah Google melakukan crawling.

Mengirimkan Sitemap ke Google Search Console

Jika sekiranya blog anda telah sepenuhnya terkoneksi ke Google Search Console. Pastikan juga apakah anda telah mengirimkan sitemap blog anda ke Google Search Console. Bagian ini juga amat penting dalam proses indexing suatu blog. 

Jika kiranya anda belum melakukan, segera kirim sitemap dari blog anda ke Google Search Console.

Lakukan Riset Persaingan Keyword

Tidak banyak yang mengetahui bahwa melakukan riset persaingan kata kunci juga berkaitan dengan indexing Google. Adapun langkah yang anda lakukan pun sangat sederhana , yakni sebagai berikut:

  • Install Add Ons bernama SEO Quake dan kemudian aktifkan Add Ons tersebut.
  • Selanjutnya. Anda dapat mengetik keyword yang anda targetkan dan kemudian melihat konten pada peringkat 1-10.
  • Hitunglah berapa jumlah website dengan Alexa Rank lebih dari 1 juta dan juga hasil pencariannya.
  • Jika anda menemukan minimal 3 website dengan Alexa Rank di atas 1 juta dan hasil pencarian kata kunci tersebut adalah kurang dari 500 ribu. Maka artikel blog anda untuk kata kunci tersebut akan cepat terindex.

Jumlah Kata Pada Artikel Anda

Google saat ini sangat ketat perihal menampilkan konten artikel pada hasil pencariannya. Kualitas konten menjadi salah satu hal yang menjadi syarat untuk dapat muncul pada hasil pencarian mesin pencari.

Artikel dengan jumlah kata kurang dari 300 biasanya akan sulit untuk dapat index di pencarian Google. Untuk itu, sebaiknya anda menambah jumlah kata dalam artikel yang anda tulis.

Untuk jumlah kata minimal, kami menyarankan untuk anda setidaknya menulis artikel dengan 500-700 kata. Menurut sejumlah pakar SEO, jumlah kata ini terbilang ideal untuk artikel blog.

Cek Skor SEO Dari Blog Anda

Faktor lain yang juga mempengaruhi indexing dari konten artikel adalah skor SEO. Pastikan bahwa blog anda memenuhi persyaratan skor SEO ini. Untuk mengecek skor SEO ini, anda dapat langsung mengunjungi situs Neilpatel,

Jika skor SEO blog anda adalah kurang dari 80. Maka anda harus melakukan perbaikan dulu terhadap beberapa hal yang menyebabkan berkurangnya skor SEO blog anda ini.

Cara Agar Artikel Terindex di Google

Jika sekiranya anda telah melakukan pengecekan blog dan telah memenuhi semua parameter yang kami sebutkan sebelumnya. Maka anda dapat langsung menerapkan cara agar artikel terindex di Google berikut ini:

  • Kunjungi Google Search Console. Kunjungi situs Google Search Console dan kemudian login ke akun Google Search Console anda. 
  • Lihat bagian kolom yang tersedia pada bagian atas dashboard Google Search Console anda. Selanjutnya masukkan URL dari artikel blog yang sebelumnya anda post.
  • Selanjutnya, tunggu proses pengambilan data dari index Google. Biasanya proses ini membutuhkan waktu 1-2 menit.
  • Setelah hasilnya keluar. Jika anda mendapatkan info bahwa Google tidak menemukan URL anda. Selanjutnya, tekan tombol minta pengindeksan dan tunggu kembali prosesnya,
  • Ketika anda telah meminta indexing kembali. Dalam beberapa jam (maksimal 24 jam), biasanya URL artikel anda akan muncul di pencarian Google.

Itulah sedikit rangkuman mengenai cara agar artikel terindex di Google. Semoga pembahasan dari kami kali ini dapat membantu anda yang tengah mengalami masalah dalam meng indexing konten artikel yang ada di blog anda.  Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO Website Judi Agar Peringkat Atas di Google