berjualan-di-tokopedia

Berjualan di Tokopedia dan Tips Lengkap Untuk Sukses

Diposting pada

Di zaman yang sudah serba digital ini, berbelanja secara online tidaklah aneh dan langka. Berbelanja online sudah menjadi kebiasaan sehari-hari untuk sebagian orang. Dengan berbelanja online, pengguna dimudahkan untuk mencari barang yang diinginkan hanya di kolom pencarian tanpa perlu repot keluar rumah. Hal ini menyebabkan belanja online mendapatkan popularitasnya. Salah satu kesuksesan bisa anda raih dari berjualan di Tokopedia.

Untuk mendukung tren, bisnis online menjadi marak dan dapat dijumpai dimana-mana. Oleh karena itu, pengusaha berlomba-lomba menyediakan platform untuk mendukung tren saat ini. Ada beragam macam platform jual beli online yang tersedia, salah satunya adalah Tokopedia. Dalam artikel ini, Anda akan disajikan informasi mengenai Tokopedia dan tips sukses berjualan di Tokopedia.

Mengapa Tokopedia?

Tokopedia adalah perusahaan perdagangan elektronik (toko daring). Tokopedia berdiri pada tahun 2009 dan merupakan karya anak bangsa. Tokopedia bukan sembarang platform karena situs ini telah mendapatkan panggungnya. Alasannya pertama, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Kemudian, Tokopedia berkerja sama dengan boy band mendunia saat ini, BTS.

Dengan menjadikan BTS sebagai brand ambassador, tentu menarik perhatian masyarakat khususnya fans BTS. Untuk itu, Anda tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk berjualan di Tokopedia. Dengan popularitas yang didapatkan Tokopedia, hal ini bisa menjadi keuntungan bagi Anda. Bagaimana tidak, semakin banyaknya pengguna Tokopedia, semakin tinggi kemungkinan peningkatan penjualan. Dengan begitu, saatnya menerapkan tips sukses berjualan di Tokopedia.

Buat Akun Toko Lebih Dari Satu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat berbisnis di Tokopedia adalah membuat akun. Tentunya sebelum membuat akun, Anda sudah mempertimbangkan barang jenis apa yang akan Anda jual. Sebisa mungkin untuk menjualkan barang yang dibutuhkan. Memang apa yang dibutuhkan masyarakat ada banyak, untuk itu lihatlah sekelilingmu. Apabila Anda sudah yakin dengan produk yang akan dijual, saatnya terjun ke dunia bisnis.

Mulailah membuat akun dan usahakan lebih dari satu. Satu akun sebenarnya sudah cukup untuk memulai bisnis di Tokopedia. Akan tetapi, untuk meningkatkan peluang penjualan, sebaiknya membuat akun toko lebih. Anda disarankan untuk membuat minimal 3 akun. Dengan demikian, semakin besar peluang Anda mendapatkan pembeli dan Anda semakin cepat untuk sukses berjualan di Tokopedia.

Rumuskan Kata Kunci yang Tepat Sambil Membangun Traffic

Selanjutnya, Anda juga perlu merumuskan kata kunci yang tepat. Dalam dunia online, kata kunci untuk pencarian memiliki peranan yang sangat vital. Jika kata kunci yang Anda rumuskan tepat sama dengan kata kunci yang dicari oleh pembeli, maka produk Anda akan lebih mudah ditemukan dan dipilih untuk dibeli. Kata kunci yang dimaksud tentu berkaitan dengan produk yang akan Anda jual.

Untuk itu, sudah semestinya Anda membuat kata kunci yang tepat dan diiringi dengan membangun traffic. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis adalah traffic. Traffic adalah jumlah kunjungan pada suatu toko. Sebagian besar penjual baru agak kesulitan untuk meningkatkan traffic ke tokonya. Meningkatkan traffic harus dimulai dengan mengekspos bisnis Anda secara lebih luas. Semakin luas bisnis Anda terekspos, maka semakin besar pula traffic yang akan didapatkan oleh toko Anda.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun traffic ialah promosi. Pertama, promosikan ke Orang Terdekat. Anda dapat memanfaatkan orang-orang terdekat untuk mempromosikan produk atau toko Anda secara lebih luas. Dengan begitu, jangkauan traffic toko Anda akan mulai meningkat. Lalu, posting di Akun Media Sosial. Anda bisa mulai memanfaatkan forum, grup facebook, atau komunitas online untuk memperkenalkan produk dan toko Anda. Gunakan link toko Anda setiap membuat postingan. Namun, tidak lupa untuk mempromosikannya dengan kata kunci yang Anda pilih. Apabila kata kunci yang Anda pilih termasuk unik, hal ini akan berdampak pada kesuksesan Anda saat berjualan di Tokopedia.

Unggah Foto Produk secara Berkala dan Promosi

Tentunya setelah memilih kata kunci tepat dan membangun traffic, toko Anda akan sering dikunjungi. Untuk itu, agar nilai keaktifan Anda tinggi dan menjadi bahan pertimbangan untuk pembeli, sebaiknya Anda terus mengunggah foto produk secara berkala. Semua foto produk harus Anda unggah setiap hari minimal 5. Jadi pembeli percaya dan tahu banyak tentang produk yang dipasarkan. Tidak hanya mengunggah, tetapi juga diiringi dengan promosi khususnya iklan berbayar.

Untuk menghasilkan uang, Anda juga harus rela untuk mengeluarkan uang. Dengan iklan berbayar, Anda dapat mempromosikan produk untuk target pasar yang lebih spesifik dan lebih luas. Hal ini tentu saja membuat iklan Anda jadi lebih efektif dan efisien. Di Tokopedia, Anda dapat menggunakan fitur TopAds, yakni fitur berbayar untuk mempromosikan toko dan produk Anda. Saat menggunakan TopAds, produk Anda akan muncul di halaman hasil pencarian, kategori, dan Hot List. Produk Anda akan lebih mudah dilihat oleh pelanggan.

Endorse

Dengan begitu, kesadaran konsumen terhadap toko Anda juga akan semakin meningkat. Selain menggunakan fitur yang ada di Tokopedia, Anda bisa menggunakan endorser. Endorser adalah publik figur yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk. Endorser ini biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial dan populer di kalangannya. Anda bisa memanfaatkan mereka untuk mempromosikan produk Anda secara luas. Biasanya Endorser juga akan mengajak pengikutnya untuk membeli produk Anda sehingga penjualan pun semakin meningkat.

Endorser ini dapat berupa artis, blogger, selebgram, dan sebagainya. Kemudian, Anda bisa mencoba membangun partnership. Melakukan partnership dengan toko-toko lain (tidak harus sejenis) juga bisa Anda coba. Biasanya mereka akan mempromosikan toko atau produk Anda di akun toko mereka. Dengan begitu Anda dapat menjangkau konsumen yang dimiliki oleh partner Anda. Tahap ini memang tidak mudah tetapi layak untuk dicoba. Dengan begitu, akan mudah meraih kesuksesan dengan berjualan di Tokopedia.

Evaluasi dan Tingkatkan

Setelah Anda berhasil melakukan setiap langkah di atas, pastikan untuk selalu mengevaluasi jalannya langkah-langkah penjualan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah langkah yang Anda lakukan sudah sesuai dengan visi Anda. Bila masih merasa kurang dengan hasil yang didapat, cobalah untuk meningkatkan setiap usaha Anda dalam menjalankan strategi tersebut. Ketika berjualan di Tokopedia, Anda dapat memantau jalannya bisnis melalui fitur Statistik.

Fitur ini membantu Anda dalam melihat hasil yang diperoleh dari strategi yang sudah Anda lakukan. Dengan demikian, Anda bisa mencari tahu kekurangan yang Anda lakukan selama ini dan memperbaikinya. Apabila hasil evaluasi tidak sesuai ekspektasi, Anda tidak disarankan untuk menyerah. Evaluasi adalah langkah paling penting dalam berbisnis. Namun, jangan jadikan hasil evaluasi sebagai hasil akhir tetapi jadikan pelajaran. Untuk mencapai kesuksesan, Anda harus melewati berbagai rintangan. Tips di atas termasuk cara sederhana tetapi dapat menjamin kesuksesan Anda berjualan di Tokopedia.