Belajar Menguasai Bahasa Inggris di Kampung Inggris

Diposting pada

Belajar Menguasai Bahasa Inggris di Kampung Inggris

Saat mendengar kata “Kampung Bahasa Inggris”, mungkin Anda akan berfikir bahwa tempat tersebut adalah suatu kampung di mana orang-orang bule yang kerap berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari tinggal di sana. Bisa jadi juga Anda membayangkan bahwa semua orang di kampung tersebut, baik itu anak kecil atau pun orang tua, baik itu tukang bakso hingga pedagang lainnya selalu menggunakan bahasa Inggris.

Sekurang-kurangnya begitulah yang sering diberitakan di media massa, baik media elektronik atau pun maupun cetak. Hal itu ada benarnya, tetapi tak semua pemberitaan tersebut sesuai dengan fakta di lapangan.

Tak jarang, berita yang ada juga dilebih-lebihkan. Padahal, kenyataannya bukanlah seratus persen seperti apa yang diberitakan oleh media.

Untuk lebih jelasnya mengenai kampung tersebut, Anda dapat menyimak ulasan lengkap dalam artikel ini.

Apa Sebenarnya Kampung Bahasa Inggris itu?

Nama kampung tersebut sebenarnya bukanlah nama format suatu desa. Namun, merupakan sebuah julukan atau sebutan untuk sebuah perkampungan yang berada di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur.

Kampung Inggris di Kecamatan Pare tersebut merupakan sebuah perkampungan kecil yang damai, sejuk, juga tergolong jauh dari ramainya kota. Perlu Anda ketahui bahwa orang-orang yang tinggal di sana adalah pribumi asli atau murni orang Indonesia tulen.

Dengan begitu, kampung tersebut bukanlah kampung di mana orang-orang bule bertempat tinggal. Meskipun ada satu dua orang atau lebih orang bule yang tinggal di sana. Fakta ini mengaburkan mitos yang berkembang di masyarakat yang menyebutkan bahwa kampung tersebut adalag tempatnya para bule.

Akan tetapi, sebutan atau julukan yang diberikan untuk sejumlah desa di Kecamatan Pare itu bukanlah sekadar julukan. Sebab, di kampung ini tak sedikit orang yang berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Hal tersebut terjadi bukan karena Bahasa Inggris merupakan bahasa asli (native language) warga di sana. Akan tetapi dikarenakan di sana banyak orang yang dapat berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Di kampung Inggris Pare memang terdapat begitu banyak tempat les atau kursus berbahasa Inggris. Hingga pada pertengahan tahun 2011, terhitung ada sekitar 100 lembaga kursus bahasa Inggris yang beroperasi di sana.

Bahkan, kampung tersebut telah menjadi pusat pembelajaran bahasa Inggris terbesar di negeri ini. Maka, tak heran jika banyak orang dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris di mana-mana, karena memang mereka termasuk murid atau guru di tempat kursus tersebut.

Sejarah Singkat

Mengapa kampung kecil tersebut berubah menjadi pusat pembelajaran bahasa Inggris terbesar di Indonesia? Adanya kampung bahasa Inggris tersebut tak lain adalah bermula dari sebuah lembaga kursus yanh didirikan oleh Mr. Kallen.

Mr. Kallen merupakan seorang pendatang yang mendirikan lembaga kursus bahasa Inggris bernama BEC (Basic English Course). Beliau adalah orang Indonesia asli meskipun namanya mirip dengan nama orang bule.

Fasilitas yang ada pada awalnya sangatlah terbatas. Hal itu dikarenakan lokasinya hanya di teras masjid yang diperuntukkan bagi anak-anak desa yang kurang memahami bahasa inggris.

Setelah itu, proses belajar tersebut berlanjut ke rumah-rumah yang membolehkannya hingga akhirnya mempunyai gedung sendiri. Mr. Kallen konsisten dan pantang menyerah sehingga mampu mengantarkan BEC menjadi sangat terkenal dan diakui kualitas alumninya, hingga menjadikan desa tersebut sebagai kampung Inggris.

Hal itu membuat sejumlah besar pendatang dari berbagai daerah di Indonesia belajar bahasa Inggris di sana. Dari sanalah, beberapa tempat kursus bahasa Inggris mulai “berkembangbiak” untuk memenuhi permintaan yang terus membludak.

  • Kelas Online dan Biaya Paket Belajar

Kini kampung bahasa Inggris tersebut telah berkembang pesat dan menjadi pusat pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia. Tak sedikit warga dari berbagai daerah di nusantara pergi ke sana untuk dapat belajar dan menguasai bahasa Inggris.

Anda juga bisa turut belajar di sana untuk menguasai bahasa Inggris. Jangan khawatir jika tidak bisa ke sama, karena kini Anda bisa mengikuti kelasnya lewat paket belajar online yang ditawarkan.

Program Speaking Kelas Online yaitu sebuah program yang dibuat untuk mempelajari Bahasa Inggris secara komprehensif dan keseluruhan. Program ini menggunakan sistem pembelajaran virtual tatap muka langsung dengan tenaga pengajar profesional dan metode yang fun, sehingga akan membuat pembelajaran online sesuai dengan target dan goals peserta/anggota.

Adapun paket yang ditawarkan untuk setiap kelas belajar kampung Inggris online adalah sebagai berikut:

  • Kelas Online 2 Minggu

Dalam paket belajar ini, pertemuan selama dua minggu dilakukan sebanyak sepuluh kali. Di mana durasi pertemuan selama itu adalah enam ratus menit.

Biaya paket kelas online dua minggu ini dipatok seharga Rp 350.000. Dengan biaya belajar segitu, Anda akan mendapatkan kelas virtual/tatap muka, E-modul, E-Sertifikat, English Discussion Group, Fun Teaching Learning, Membership, serta Free Technical Meeting.

  • Kelas Online 1 Bulan

Untuk kelas ini, peserta/anggota akan belajar selama satu bulan penuh dengan pertemuan sebanyak 20 kali dengan total durasi belajar 1.200 menit.

Hampir sama dengan kelas dua minggu, di kelas ini peserta juga akan mendapatkan modul, sertifikat, dan lainnya. Hanya saja, jumlah pertemuan dan durasi proses belajarnya yang berbeda.

Apabila Anda mengikuti kelas offline, Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas, salah satunya yaitu English Area Camp. Di mana, para peserta akan tinggal di Camp Kampung Inggris yang akan dibuat oleh lembaga.

English Area Camp tersebut dibuat untuk memaksimalkan proses belajar mengajar. Program tersebut diadakan dari pukul 04:15 pagi hingga pukul 05:30 pagi, sebelum belajar di kelas siang harinya dimulai. Serta pada pukul 18:00 hingga 19:00 malam, lalu wajib pulang ke camp untuk istirahat pada pukul 21:00.

 Lalu, bagaimana transportasi menuju kampung tersebut, mengingat Kecamatan Pare merupakan tempat yang jauh dari kota?

Untuk menuju ke sana, Anda tak perlu khawatir masalah transportasi. Sebab, Anda bisa menghubungi pihak lembaga untuk melakukan penjemputan, seperti:

  • Penjemputan dari Bandara juanda Surabaya

Anda bisa menggunakan pesawat agar lebih cepat dengan memilih Bandara Kediri atau Bandara Juanda Surabaya. Setelah itu Anda bisa menghubungi pihak lembaga untuk mengetahui transportasi selanjutnya atau melakukan penjemputan.

Stasiun Kediri – Kampung Inggris Pare

Anda juga bisa menggunakan transportasi jalur darat. Pilih stasiun Kediri sebagai tujuan Anda, lalu katakan kepada pihak transportasi yang menawarkan pengantaran di stasiun bahwa Anda akan menuju ke sana.

  • Terminal Kediri

Anda juga bisa menggunakan bus menuju Kediri dengan pola yang sama seperti di stasiun. Setelah sampai terminal, hubungi pihak lembaga dan Anda akan dijemput secara gratis.

  • Langsung Datang

Anda juga bisa langsung datang sendiri menuju alamat yang ingin Anda datangi di kampung tersebut jika sudah mengetahui rutenya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai kampung Inggris. Pastikan Anda menguasai bahasa Inggris dengan baik setelah lulus dari sana, dan mengajarkannya kembali kepada orang lain. Semoga bermanfaat.