Apa Itu SEO Dan Fungsinya ? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Sumber gambar : pixabay

Apa Itu SEO Dan Fungsinya ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Diposting pada

Apa itu SEO dan fungsinya?. Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan lebih dalam mengenai hal ini. 

Dalam dunia blogging dan juga digital marketing, memahami tentang SEO (Search Engine Optimization)  adalah salah satu hal yang wajib. 

Pengetahuan dan penerapan SEO dapat membuat sebuah situs mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian mesin pencari. Hal tentu akan memberikan impact baik dalam hal jumlah kunjungan dan juga tentunya lead convertion (sales).

Apa Itu SEO dan Fungsinya Untuk Blog atau Situs?

Untuk anda yang belum terlalu mengerti tentang apa itu SEO dan fungsinya. SEO dapat dijelaskan sebagai suatu teknik optimasi untuk meningkatkan nilai relevan dari suatu halaman situs agar mendapatkan rangking yang baik di pencarian mesin pencari untuk kata kunci yang ditargetkan.

Sederhananya, SEO adalah cara untuk membuat blog atau situs yang anda kelola memiliki peringkat yang tinggi di pencarian mesin pencari. 

Fungsi SEO paling utama sendiri telah jelas disinggung dalam definisinya. SEO memiliki peran untuk membantu suatu situs mendapatkan peringkat yang baik di pencarian mesin pencari.

Selain menempatkan situs pada peringkat yang baik, SEO juga berfungsi untuk mendatangkan banyak pengunjung serta menaikkan jumlah penjualan. 

Penerapan SEO merupakan langkah marketing yang dapat menghemat biaya pemasaran. Dengan menerapkan SEO dengan baik, maka situs anda akan mendapatkan peringkat atas pada pencarian Google. Hal tersebut akan dapat memangkas biaya iklan yang anda keluarkan.

Teknik-Teknik Penerapan SEO

Dalam dunia blogging dan digital marketing, penerapan SEO tidak hanya terdiri dari 1 jenis saja. Terdapat 3 teknik SEO berbeda yang dikenal di antara para pakar SEO. Adapun ketiganya adalah:

1. Teknik White SEO 

Teknik white SEO ini adalah teknik optimasi SEO yang merujuk pada aturan panduan optimasi Google. White SEO sendiri adalah teknik yang banyak pakar SEO sarankan dalam pengoptimasian situs.

2. Teknik Blackhat SEO

Teknik SEO lainnya adalah teknik Blackhat SEO. Blackkhat SEO ini sendiri adalah kebalikan dari teknik White SEO. Teknik ini adalah teknik SEO yang melawan ketentuan dari Google. Adapun beberapa contoh dari penerapan teknik ini seperti melakukan link farming, cloaking page doorway, keywords stuffing, invisible text dan iteration text.

Kami sendiri tidak menyarakan anda untuk menerapkan cara optimasi situs yang satu ini, lantaran adanya resiko tinggi untuk mendapatkan hukuman dari Google.

3. Teknik Gray Hat SEO

Teknik SEO lain yang cukup terkenal di kalangan praktisi SEO adalah Gray Hat SEO. Gray Hat SEO ini sendiri adalah gabungan dari teknik White SEO dan Black Hat SEO.

Meskipun menyatukan 2 teknik SEO berbeda. Sama halnya dengan Black Hat SEO, Gray Hat SEO sebenarnya melanggar aturan Google. Oleh karena itu, kami tidak menyarankan anda untuk menerapkan teknik ini.

Dari ketiga teknik SEO yang kami jelaskan sebelumnya, teknik white SEO adalah pilihan yang lebih kami sarankan. Tentu alasan utamanya, lantaran hal tersebut lebih aman untuk situs anda optimasi.

Cara Menerapkan Optimasi SEO 

Setelah cukup detail membahas mengenai apa itu SEO dan fungsinya. Mari membahas tentang cara menerapkan optimasi SEO ini. Dalam menerapkan SEO. Terdapat 2 jenis optimasi yang perlu anda lakukan. Adapun keduanya adalah:

1. SEO on Page

Langkah optimasi pertama yang dilakukan adalah SEO On Page. Langkah optimasi sendiri ini adalah upaya untuk mengoptimasi halaman di situs anda agar memenuhi kriteria SEO yang baik, sehingga dapat dirayapi dengan mudah oleh mesin pencari.

SEO on page sendiri adalah jenis optimasi yang paling mudah dan wajib untuk dilakukan. Adapun cara penerapan dari SEO on Page ini adalah sebagai berikut:

  • Menerapkan kata kunci pada judul situs dan judul artikel
  • Menggunakan kata kunci pada meta deskripsi halaman utama dan artikel.
  • Mengisi situs dengan artikel atau konten yang berkualitas dan relevan.
  • Membuat kategori pada situs
  • Modifikasi URL menjadi lebih sederhana
  • Penerapan keyword pada alt Image pada artikel atau konten.

2. SEO Off Page

Jika pada optimasi SEO On Page, anda harus berfokus pada optimasi konten. Maka SEO Off Page adalah langkah optimasi yang berfokus pada faktor luar situs anda. Dalam hal ini, SEO Off Page ini berfokus pada pembangunan backlink berkualitas untuk situs anda.

Backlink sendiri merupakan tautan yang menuju ke situs anda. Pembuatan backlink ini sangat penting, lantaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rangkin pada pencarian.

Semakin banyak backlink berkualitas mengarah ke situs anda, maka potensi untuk menempati urutan teratas di pencarian mesin pencari akan semakin besar.

Itulah sekilas pembahasan dari kami mengenai apa itu SEO dan fungsinya. Semoga apa yang kami jelaskan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda yang membacanya. Terima kasih.

Baca Juga : Cara Optimasi SEO Website Judi Agar Peringkat Atas di Google