Apa itu RKT Adsense Dan Bagaimana Cara Untuk Meningkatkannya?
Sumber gambar: pexels.com

Mengenal Apa Itu RKT Adsense dan Cara Meningkatkannya

Diposting pada

Apa itu RKT Adsense?. Pembahasan kami kali ini akan mengupas dengan jelas mengenai hal tersebut.

Dalam bidang online advertisement berbasis PPC (Pay per Click) menggunakan layanan Google Adsense, memahami mengenai RKT adalah suatu hal yang sangat penting. Banyak blogger yang menyebut bahwa RKT adalah salah satu parameter untuk mengukur keberhasilan sebuah iklan.

Jika jumlah RKT dari suatu iklan tinggi. Maka hal tersebut menunjukan peminat dari iklan tersebut juga tinggi.

Apa Itu RKT Adsense?

Jika harus menjelaskan dengan bahasa yang sederhana. RKT (Rasio Klik Tayang) adalah persentase jumlah klik dari iklan Adsense. Jumlah persentase ini didapat dari pembagian antara jumlah klik pada iklan dibagi dengan jumlah tayangnya. 

Sebagai contoh sederhana. Jika iklan adsense yang anda pasang mendapatkan 10 klik dari 1.000 tayangan iklan. Maka RKT yang akan anda peroleh dari iklan tersebut adalah sebesar 0.001 persen.

Pengaruh RKT Terhadap Earning Adsense

Jika berdasarkan pada rumus perhitungan sebelumnya. Maka dapat dapat dikatakan jika jumlah RKT tinggi, maka semakin besar pula pendapatan yang didapatkan.

Namun terdapat cukup banyak praktisi SEO dan Google publisher yang menyebutkan bahwa nilai aman dari RKT adalah 10 persen. Mengapa demikian?

Menurut sejumlah ulasan, banyak pakar SEO berpendapat bahwa RKT yang mencapai angka lebih dari 10 persen akan dapat menimbulkan kecurigaan oleh Google bahwa terdapat manipulasi klik iklan.

Namun terdapat juga pakar SEO dan Google publisher yang tidak sependapat dengan hal ini.

Bagaimana Perhitungan RKT Adsense?

Beberapa situs digital marketing menyebutkan bahwa Google mengetahui dengan detail tentang pengunjung yang datang ke halaman situs dan berapa lama yang mereka habiskan untuk menjelajahi halaman tersebut.

Hal tersebutlah yang membuat Google dapat mengetahui jenis iklan dan kunjungan yang bersifat manipulatif dan fraud. Meskipun tidak dijelaskan, Google sebenarnya memiliki metode perhitungan tersendiri untuk menghitung RKT iklan.

Aktivitas klik iklan yang tidak normal dapat menyebabkan kredibilitas dari situs menurun. Jika terus terjadi, kemungkinan bahwa akun Google Adsense dari pengiklan akan mendapatkan banned dari Google.

Bagaimana Cara Untuk Meningkatkan RKT Adsense?

Untuk dapat meningkatkan CTR atau RKT Adsense sendiri, anda harus memperhatikan beberapa hal penting. Adapun beberapa hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemilihan Ukuran Iklan

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan untuk meningkatkan RKT dari iklan Google Adsense adalah terkait dengan ukuran iklan. Pemilihan ukuran iklan yang tepat dapat memberikan perbedaan significant pada penghasilan Adsense anda.

Banyak Google publisher yang menyatakan bahwa ukuran iklan yang semakin besar akan memberikan kinerja yang lebih baik. Pada saat anda akan memasang iklan, Google juga akan merekomendasikan ukuran unit iklan.

2. Pemilihan Tipe Iklan 

Ketika anda memasang iklan di blog anda, anda akan memiliki 3 pilihan jenis iklan berbeda yang dapat anda gunakan, yakni :

  • text ads only
  • display ads only
  • text and display ads

Google sebenarnya lebih menyarankan anda untuk memilih jenis iklan Text and Display Ads.

Salah satu keunggulan Text and Display ads ini sendiri ada pada tampilan iklannya. Dimana tampilan iklan ini sangat responsif dan dapat berubah-ubah.

3. Pemilihan Warna Iklan

Pemilihan warna iklan ternyata juga memiliki pengaruh terhadap RKT iklan. Hal ini mungkin terdengar baru untuk anda. Namun banyak pemilik halaman ataupun Google Publisher yang melakukan eksperimen terkait warna iklan ini.

Hal ini mereka lakukan untuk mengatasi kondisi ads blindness. Perihal ini, Google sendiri memberikan panduan tentang teknik pemilihan warna iklan. Salah satu upaya tersebut adalah dengan membuat warna latar dan tepi dari iklan sama dengan warna latar belakang blog.

Pilihan lain yang juga dapat anda coba adalah menggunakan warna latar iklan yang kontras dengan latar blog anda.

4. Posisi Iklan

Penempatan iklan dalam suatu situs juga memberikan pengaruh terhadap tinggi rendahnya RKT. Tempatkan iklan di bagian yang kerap menjadi fokus mata pengujung. 

Pada bagian ini, anda harus melakukan sedikit eksperimen untuk menentukan iklan mana yang memberikan potensi klik paling besar.

5. Relevansi Iklan

Faktor terakhir yang juga sangat mempengaruhi tinggi rendahnya persentase RKT adsense adalah terkait relevansi dengan konten blog. Untuk menampilkan iklan yang relevan, Google akan melakukan crawling pada halaman blog atau website anda. 

Melalui crawling, Google akan mendapatkan keyword pada halaman tersebut dan menampilkan iklan yang relevan. Namun tidak selamanya, Google menampilkan iklan yang relevan. Terkadang Google menampilkan iklan yang tidak relevan dengan blog atau situs anda.

Misalnya blog anda membahas tentang bisnis dan kemudian iklan yang muncul adalah iklan kesehatan. Hal ini tentu akan membuat persentase RKT adsense menjadi lebih rendah.

Banyak faktor yang menyebabkan hal ini dapat terjadi, Misalnya tidak tersedianya iklan relevan dengan keyword dari halaman.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu RKT Adsense beserta cara untuk meningkatkannya. Semoga informasi kami kali ini dapat meningkatkan CTR atau RKT dari iklan anda. Terima kasih.

Baca Juga : Cara Optimasi SEO Website Judi Agar Peringkat Atas di Google