6 Jenis Buah yang membantu gangguan sistem pencernaan

Diposting pada

Beberapa jenis buah yang memiliki kandungan serat tinggi bisa membantu melancarkan pencernaan. Jambu biji adalah salah satunya.

Masalah perut dan masalah pencernaan bisa sangat berdampak pada tubuh kita sedangkan kebiasaan makan yang buruk seringkali dapat memicu gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan dapat menyebabkan sakit perut atau kembung, mulas, mual, dan muntah.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar sistem pencernaan Anda berjalan lancar secara alami. Beberapa buah yang memiliki kandungan serat tinggi bisa membantu melancarkan pencernaan seperti;

Aprikot

Buah yang sarat dengan vitamin c yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan kulit. Selain itu, aprikot juga memiliki kandungan serat tinggi yang menjaga keteraturan usus, yang dapat mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan usus besar Anda

Apel

Apel dapat menjauhkan sejumlah masalah pencernaan Anda. Apel kaya akan serat pektin. Pektin dapat meredakan sembelit dan diare, tergantung pada kebutuhan tubuh. Pektin membantu meningkatkan pencernaan karena sifatnya yang larut dan kemampuannya untuk mengikat kolesterol atau racun dalam tubuh dan menghilangkannya dari sistem Anda.

Kiwi

Makan buah kiwi dapat membantu pencernaan yang lebih baik. Buah kiwi hijau memiliki enzim yang disebut aktinidin yang dapat meningkatkan pencernaan protein. Kiwi juga dikenal memiliki efek pencahar ringan yang dikaitkan dengan kandungan seratnya yang tinggi.

Pisang

Kandungan seratnya yang tinggi memfasilitasi keteraturan usus dan dengan demikian mempercepat proses pencernaan.

Jambu biji

Jambu biji buah yang renyah dan lezat bisa menjadi solusi untuk masalah perut Anda. Jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan terkaya, menurut ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood. Faktanya, dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, hanya 1 jambu biji yang memenuhi sekitar 12% dari asupan serat yang direkomendasikan setiap hari, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda.

Mangga

Mangga mengandung enzim yang membantu pemecahan dan pencernaan protein, dan juga serat, yang memfasilitasi aliran makanan dan limbah yang lebih lancar melalui saluran pencernaan, catat buku ‘Healing Foods’. Manfaat jangka panjang serat makanan dalam menurunkan risiko terkena kanker usus besar, penyakit jantung dan diabetes tipe 2 adalah bonus tambahan.

Sertakan buah-buahan ini ke dalam makanan harian Anda untuk menghindari masalah pencernaan. Makan mentah atau dalam salad. Haluskan menjadi smoothie atau jus. Anda juga dapat mengkonsumsi fiforlif original. Produk ini memiliki banyak khasiat, dan dapat membantu masalah pada sistem pencernaan Anda. Karena produk ini terbuat dari buah dan sayur yang kaya serat.