training accurate
training accurate

15 Metode Terbaik Mengendalikan Keuangan Bisnis

Diposting pada

Tidak ada siapapun di dunia yang ingin bisnisnya rugi. Semua orang akan berupaya semaksimal mungkin menghindari bisnisnya dari kerugian. Oleh karenanya penting sekali untuk mengenali metode mengendalikan keuangan yang baik.

Dalam postingan kali ini kita akan membahas metode untuk mengendalikan keuangan bisnis dan keuangan supaya bisnis tidak mengalami kerugian. Ikuti terus hingga akhir artikel.

Manfaat Mengendalikan Keuangan buat Bisnis

Dalam bisnis sangat penting sekali mengetahui cara mengendalikan keuangan. Secara tidak langsung, dengan mengendalikan keuangan kala berbisnis akan menghindarkan bisnis dari kerugian.

Memahami cara mengendalikan keuangan dalam berbisnis juga sangat bermanfaat. Salah satunya agar kita bisa melindungi arus kas serta mempersiapkan struktur modal.

Keluar masuknya uang wajib terus dipantau. Sebab berkaitan erat sekali dengan pendapatan serta pengeluaran. Dalam arus kas ini pula ada modal yang wajib dikeluarkan kala melaksanakan proses produksi maupun pemasaran produk.

Sehingga apabila mampu mengendalikan keuangan secara teliti, kita pasti bisa melindungi arus kas agar tidak jadi minus yang akan berdampak pada kerugian perusahaan.

Secara tidak langsung pula, dengan melindungi arus kas berarti juga mengoptimalkan keuangan yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan maksimal.

Metode Mengendalikan Keuangan Bisnis

Seperti telah dibahas di atas, mengendalikan keuangan bisnis tidak hanya sekedar menghindari kerugian saja. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dari mengendalikan keuangan dalam berbisnis.

Kemudian bagaimana caranya mengendalikan keuangan bisnis yang baik? Berikut ini merupakan sebagian metode mengendalikan keuangan dalam bisnis sehingga arus kas keuangan senantiasa sehat.

1. Lacak Seluruh Pembayaran dengan Detail

Hal ini merupakan poin yang sangat penting sekali dalam mengendalikan keuangan dalam berbisnis. Dengan melacak seluruh pembayaran, pengeluaran serta mengelola pembukuan dengan benar.

Simpan seluruh bukti dari pemasukan ataupun pengeluaran yang ada sepanjang berbisnis. Ini akan sangat menolong melaksanakan pembukuan yang baik. Dapat juga dengan memakai bermacam aplikasi akuntansi ataupun menyewa jasa akuntan yang baik.

2. Membuat Proyeksi Keuangan

Membuat proyeksi keuangan atas apa yang hendak dijalankan ialah poin kedua yang sangat berarti dalam mengendalikan keuangan bisnis. Triknya dapat dengan membuat pos-pos perencanaan pengeluaran untuk satu periode ke depan.

Dengan begitu akan didapatkan prioritas keuangan dalam satu periode tertentu. Sehingga kita bisa mengestimasi serta menjauhi pengeluaran tidak terduga di luar rencana.

3. Langsung Urus Faktur

Faktur menjadi elemen penting selanjutnya dalam melaksanakan bisnis. Salah satu poin yang wajib dilakukan terhadap faktur adalah dengan langsung mengurusnya. Lekas kirimkan faktur sehabis melaksanakan pengiriman barang produksi. Kebalikannya pula, selalu tindaklanjuti faktur apabila memperoleh kiriman dari vendor.

Dalam membuat faktur yang akan dikirim, siapkan template buat mengecek apabila pembayaran telah dilakukan. Sedangkan untuk faktur yang diterima, jangan lupa mengecek kesesuaian dengan nomor PO dari pabrik.

Bila Anda memakai accounting aplikasi semacam Accurate Online, maka Anda dapat dengan gampang membuat faktur serta melaksanakan kostumisasi pada faktur pembelian ataupun faktur penjualan dengan gampang serta kilat.

4. Pisahkan Account Individu serta Bisnis

Poin selanjutnya untuk mengendalikan keuangan bisnis adalah dengan memisahkan account individu dari account bisnis. Memisahkan keduanya akan mempermudah dalam pelacakan arus kas usaha.

Sehingga nantinya akan bisa dikenali dari mana saja pengeluaran ataupun pendapatan yang didapatkan buat urusan individu ataupun urusan bisnis.

Poin ini tercantum dalam 10 prinsip dasar akuntansi.

5. Melacak Pinjaman Individu buat Bisnis

Sehabis memisahkan account individu serta bisnis, jalani pula pelacakan terhadap pinjaman individu yang digunakan untuk bisnis. Artinya melaksanakan pengecekan terhadap keuangan individu yang telah dikeluarkan buat keperluan bisnis.

Jangan sampai uang individu yang tercampur ke dalam bisnis tidak terganti, karena nantinya malah akan menyusahkan diri sendiri.

6. Bayar Tagihan Terlebih Dulu

Jika terdapat banyak tagihan tidak berarti akan membuat keuntungan akan menurun. Paling utama adalah menyelesaikannya, terlebih apabila tagihan tersebut berkaitan dengan operasional bisnis. Maksudnya adalah tagihan yang membuat bisnis bisa beroperasi. Selalu bayarkan segera begitu tagihan datang. Jangan menunggu waktu lama supaya tidak terlupa. Sehingga tidak membuat tagihan menumpuk terus menjadi banyak.

7. Senantiasa Berhemat

Senantiasa berhemat walaupun telah mempunyai pemasukan yang lumayan dari bisnis merupakan suatu metode mengendalikan keuangan yang sangat baik.

Pemasukan dari bisnis pasti tidak senantiasa menguntungkan tiap bulannya. Oleh karena itu, menahan diri dengan senantiasa berhemat dapat jadi metode yang bagus buat berjaga- jaga. Terlebih dalam menghadapi permasalahan keuangan pada masa depan. Untuk berhemat salah satu caranya yaitu dengan menggunakan software Accurate dan mengikuti training Accurate.

8. Minimalisasi Biaya Perjalanan

Melaksanakan ekspedisi atau berangkat ke luar kota tidak ada salahnya, terlebih apabila dalam perihal berurusan dengan bisnis. Tetapi, yang butuh dicermati adalah senantiasa melindungi pengeluaran ekspedisi seminimal mungkin. Hal ini sangat perlu dilakukan agar senantiasa dapat berhemat demi kesehatan keuangan bisnis. Atur selalu ekspedisi perjalanan dengan baik, sewa akomodasi yang aman tetapi senantiasa hemat.

Solusi terbaik adalah dengan memakai aplikasi komunikasi daring yang banyak digunakan akhir-akhir ini semacam Zoom, Google Meet, ataupun Skype yang sangat mempermudah melaksanakan interaksi dengan partner bisnis. Di manapun serta kapanpun tanpa batas jarak dan waktu.

9. Berjaga- jaga Di kala Membuka Cabang

Membuka cabang baru memanglah sangat menggiurkan. Terlebih dengan membuka cabang bisnis dapat berarti telah mencapai kesuksesan.

Tetapi, hendaknya keputusan membuka cabang ini wajib dengan menjalankan prinsip kehati-hatian serta bijaksana. Sudah banyak contoh industri yang terpaksa menutup kembali cabang mereka. Penyebabnya tak lain adalah kurangnya keuntungan, atau malah menaikkan beban pengeluaran.

Permasalahan yang umum terjadi ketika membuka banyak cabang adalah kontrol keuangan yang tidak optimal pada tiap cabang.

Jalan keluar terbaik tentu saja dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang mempunyai fitur multi cabang buat mempermudah memantau arus keuangan serta inventori segala cabang pada bisnis Andsa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan software Accurate dan mengikuti training Accurate.

10. Menyewa (Terkadang) Lebih Baik Daripada Membeli

Membeli beberapa barang untuk produksi memanglah penting. Tetapi, sempatkah terpikir menyewa terkadang dapat lebih baik daripada membeli?

Seringkali, dengan menyewa benda ataupun perlengkapan ternyata bisa menekan biaya pengeluaran. Menyewa barang dapat menghindarkan kita dari biaya perawatan yang sangat mahal daripada apabila membeli.

11. Mencari Pinjaman itu Baik

Banyak yang mencibir pengusaha yang mencari pinjaman. Sebab banyak yang menyangka meminjam duit itu sama dengan lagi bermasalah.

Sementara itu terdapat banyak jalan yang dapat Anda coba dengan mencari pinjaman. Salah satunya adalah meningkatkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Meminjam uang dari bank ataupun dari pihak lain itu baik, sepanjang penggunaanya adalah untuk hal yang produktif dan menambah modal dalam berbisnis.

12. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang talangan untuk kejadian-kejadian darurat yang terjadi kala berbisnis. Keberadaan dana darurat ini sangat amat berarti supaya bisnis dapat senantiasa berjalan walaupun keadaan dalam keadaan kurang baik.

Untuk menyimpan dana darurat, sisihkan sebagian laba pendapatan serta jangan memakai dana darurat buat keperluan apapun yang tidak perlu. Kecuali memanglah betul-betul darurat.

13. Mendidik Diri Sendiri Tentang Ilmu Keuangan

Perihal yang tidak kalah berartinya dalam mengendalikan keuangan adalah dengan mendidik diri sendiri. Jangan letih buat belajar tentang bermacam perihal semacam laporan keuangan, metode membaca laporan keuangan, dan lain sebagainya. Jika menggunakan software akuntansi, maka salah satu cara mendidik diri adalah dengan mengikuti training Accurate.

Jika dapat membaca laporan keuangan dengan baik, owner bisnis dapat mengenali poin-poin penting yang tercantum dalam laporan keuangannya.

14. Melaksanakan Monitoring serta Mengukur Performa

Selaku owner bisnis, sangat berarti dalam melaksanakan monitoring utuk mengukur performa keuangan bisnis. Ini masih berkaitan dengan yang poin di atas, yaitu mendidik diri sendiri. Dengan mendidik diri sendiri, seseorang owner bisnis dapat melaksanakan pemantauan dengan baik serta mengukur performa keuangan perusahaannya. Selalu latih diri Anda agar semakin baik, gunakan training accurate untuk memajukan bisnis Anda.

15. Meningkatkan Usaha dari Laba

Jangan pernah lupa meningkatkan bisnis dengan memakai laba perusahaan. Sebagai seorang pelakon bisnis, pastinya tujuan utama adalah memperoleh laba sebesar-besarnya merupakan sasaran utama berbisnis.

Salah satu triknya adalah dengan memutar laba menjadi sesuatu perihal yang produktif semacam pengembangan usaha. Jangan langsung menghabiskan laba keuntungan untuk keperluan individu.

Kesimpulan

Mengendalikan keuangan dapat membuat aktivitas bisnis bebas dari permasalahan keuangan yang berujung pada kerugian serta kebangkrutan. Sebagai pelaku bisnis, penting untuk mngetahui metode mengendalikan keuangan dengan baik.

Segera praktekkan metode di atas agar keuangan bisnis senantiasa sehat. Jangan lupa mengikuti training Accurate apabila telah menggunakan software akuntansi terbaik itu.

Semoga bermanfaat.

Simak juga: Dasar, Manfaat dan Syarat Program Pinjaman Karyawan